Semenjana #8

Ketika November menjelang, saya ingin kembali ke puisi. Pencarian-pencarian lain sudah merontokkan tubuh saya jadi keping-keping, dan pikiran saya jadi remah-remah, dan hati saya jadi sisa-sisa kepasrahan. Karena itulah saya harus kembali ke perenungan soal mediokritas, yang berminggu-minggu tak tersentuh.

Sebenarnya tinggal setengah jalan lagi. Kira-kira begitu. Jadi saya hanya perlu mencari bunyi yang lama diam di tempat lindap di sudut-sudut tubuh, kepala, hati saya. Saya tidak pernah kuatir karena semua ini telah dimulai. Semua yang bermula akan berakhir, entah besok atau 1000 tahun lagi. Seperti mau Chairil.

Tapi, sebelum kembali ke file jahanam itu, saya akan membuka teks-teks dan buku-buku yang menggugah, yang menjadi picu untuk isi kepala saya, yang memberi jari jemari saya imajinasi untuk memencet tuts-tuts di laptop, yang memberi mata saya alasan untuk menatap layar dengan iman seorang umat.

Pada kata-kata, saya akan kembali. Di situlah rumah. Saya pergi kesana kemari untuk melarikan diri dari bukan-rumah, dari kota yang mendadak asing, dari orang-orang yang tiba-tiba menjadi seperti kumpulan orang aneh berbaju necis. Saya mencari kota-kota yang baru. Padahal saya hanya perlu kembali ke puisi.

Post-scriptum: Saya sedang mencoba menggali lagi ide lama, yang selama ini terbenam di bawah mimpi-mimpi yang tak keruan bentuknya. Sebenarnya saya cuma ingin jadi medioker saja, dan merayakan senja dengan air putih. Seri “Semenjana” ini adalah usaha untuk membangunkan lagi anak kecil yang tidur manis di sana, entah dimana. Supaya ia lekas bangun dan berakhir di toko buku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s