Kegaduhan Post-Industrial

Setelah hari-hari ini, kita akan melihat media sosial dengan berbeda. Tak pernah Facebook semengerikan ini. Hate speech, hoax, dan adu kebebalan memenuhi linimasa. Ketika saya kecil dulu, saya tak akan sanggup membayangkan situasi seperti ini: menatap layar komputer dengan kejijikan tak terpemanai.

Adalah politik yang membuat kita bertengkar. Selalu politik. Entah dua tahun lalu di pemilu dan hari ini. Rasanya saya ingin jadi anarko saja dan tinggal di gua. Berkawan dengan kupu-kupu dan merawat anggrek. Setidaknya mereka tak pernah berteriak. Atau meledek. Atau menyindir. Atau nyinyir. Atau bikin status.

Identitas selalu menjadi masalah disini. Kenapa kita tak pernah selesai dengan diri kita sendiri? Saya ingin mengusulkan sebuah negara dimana penduduknya tak diselubungi tetek-bengek apa-apa: tidak agama, suku, atau warna kulit. Cuma nama dan merit. Sebuah negara dimana gereja dan mesjid tak pernah jadi headline.

Ini karena teknologi, bukan? Dan konsumsi. Dan waktu luang yang terlalu banyak. Dan ketidakmampuan untuk menggarap leisure time dengan makna. Dan knowledge yang tak ditunjang dengan know-how. Segala bentuk kegagapan post-industrial. Ketika kreativitas tak terbatas digubah menjadi requiem untuk keberagaman.

Intinya adalah informasi yang tak pernah bisa disaring. Elit-elit berakrobat dengan aksara dan kelas menengah kemarin sore menelannya mentah-mentah. Network membuatnya jadi virus. Dan kebohongan menyebar. Lalu gerakan-gerakan akar rumput baru mekar di tengah bara api permusuhan. Kita beradu kata, elit tertawa.

Setelah hari-hari ini, kita akan melihat media sosial dengan berbeda. Kita telah menghirupnya sebagai narkotik dan mabuk oleh efeknya. Di pagi hari nanti, saat sinar matari masuk lewat jendela, kita akan terbangun dengan sedikit pusing. Lalu mulai mencerna semuanya pelan-pelan. Hangover emang nggak enak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s