Koper

Sudah sejak 2009 saya gemar berkelana. Dan saya tak pernah membawa koper.

Saya pergi ke Papua selama sebulan dengan memanggul semi-carrier 35 liter. Sebelumnya saya ke Sumatra dan Sumba dengan backpack laptop entah berapa liter. Masing-masing untuk perjalanan dua minggu. Backpack yang sama saya pakai saat menyusuri Bali hingga Kupang selama lebih dari sebulan. Saat ke Ambon, Kalimantan, Kupang, dan Toraja saya juga mengenakan backpack, tapi dengan ukuran yang lebih besar. Tak ada koper dalam perjalanan-perjalanan saya.

Maka, saya agak grogi ketika akhirnya harus menggunakan koper untuk pertama kalinya. Saya seperti jurnalis bola yang tiba-tiba disuruh meliput acara fashion show. Saya bingung bukan main. Ada hal-hal yang biasa dan ada hal-hal yang tak biasa. Berkemas tentu hal normal dan bukan pengalaman pertama. Tapi, koper adalah spesies yang berbeda.

Saking kikuknya saya sempat mencari-cari video youtube. Kata kuncinya simpel: how to packing a suitcase. Lumayan. Saya mendapat beberapa insight bagus tentang bagaimana caranya mengepak koper. Dengan backpack sekecil apa pun, saya merasa sudah menguasai seni packing-nya. Namun, koper membuat saya harus belajar dari awal.

Rasa grogi karena koper tentu berhulu pada ketakutan sederhana. Saya ngeri koper ini tak mampu memuat semua barang yang ingin saya bawa: kaos, kemeja, sepatu, winter clothes, buku, rice cooker, dan sebagainya. Ketakutan semacam ini belum pernah saya rasakan dengan backpack. Walaupun tentu kepentingannya berbeda sehingga agak janggal membandingkan keduanya.

Namun, saya tahu persis anxiety semacam ini biasanya cuma berlangsung sehari atau dua. Nantinya saya akan lebih relaks. Saya hanya perlu mengingat filosofi backpacking yang kadang dilupakan banyak pejalan: backpacking is the art of knowing what not to take. Mungkin akhirnya ada beberapa hal yang tak bisa saya bawa. Dan, saya harus menerimanya. Karena petualangan harus segera dimulai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s