Carpe Diem is The Answer

“Hidup lo mau lo pake ngapain sih?” tanya seorang teman, tiba-tiba, tak ada angin tak ada hujan, pada sebuah malam dingin di bulan Desember, saat saya baru selesai liputan tentang sebuah metode fitness gaya baru.

“What the fuck that question,” balas saya, sekenanya saja.

Katanya, dia sedang di kereta Jakarta-Bogor dan melihat banyak orang. Orang-orang yang mengerjakan pekerjaan buat orang lain, bukan untuknya. “Gue juga gitu,” kata teman saya, jujur dan menerima kekalahan.

Saya tak berusaha menjawabnya, apa lagi dengan serius. Lagi pula, menurut saya, ada yang tak pas pada pertanyaan itu. Kata “pakai” mengganggu pikiran saya. Seakan hidup adalah barang yang mesti dipakai. Atau alat, atau instrumen, atau pelacur, atau apalah.

Bagaimana kalau kita yang dipakai oleh hidup?

***

Saya selalu percaya bahwa hidup, kebanyakan, adalah sia-sia. Dan karena itu ia tak perlu terlalu dianggap serius. Ntar juga mati, kok. Namun, di sela-sela kepercayaan itu, saya ingin menjadi abadi, seperti puisi. Saya tahu suatu waktu tubuh saya koyak, tapi saya ingin tetap bersuara.

Mungkin karena itu saya menulis, apa saja. Bahkan, hal-hal tak penting seperti ini.

***

Akhir-akhir ini, saya sedang sering liputan acara seni: teater, eksebisi seni, pameran foto, dan semacamnya. Saya jadi banyak bertemu seniman. Dan saya senang setiap melihat para seniman, atau datang ke acara kesenian. Rasanya seperti pulang ke rumah.

Hari ini saya melihat pertunjukan puppet di British Council. Saya bertanya-tanya: bagaimana seseorang bisa hidup dan bahagia hanya dengan bermain boneka?

Tapi mungkin bahagia bukan hal yang terpenting. Camus bilang, “those who prefer their principles over their happiness, they refuse to be happy outside the conditions they seem to have attached to their happiness.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s