Mau Jadi Apa?

“Mau jadi apa?” mungkin saja adalah pertanyaan paling masyhur sejak masa kecil hingga umur 20-an awal. Entah ditanyakan secara serius atau basa-basi, “mau jadi apa?” mencerminkan peradaban macam apa yang kita geluti.

Saya ingat dulu pengen jadi astronot, terus mau jadi jurnalis, terus mau jadi dosen, peneliti, dan penulis. Tapi sebenarnya, kalau disuruh memilih, saya nggak mau jadi apa-apa, atau mau jadi semuanya sekaligus. Semua atau tidak sama sekali, kira-kira begitu. Apa pentingnya sih hidup dengan atribut sosial berupa profesi? Vaffanculo.

Lalu pada suatu sore yang sungguh amat iseng, saya memikirkan pertanyaan “mau jadi apa?” Dengan analisis asal-asalan, saya menemukan kenapa pertanyaan itu seringkali diajukan. Dan, kenapa pertanyaan itu menggambarkan watak masyarakat kita hari ini? Jawabannya terkandung pada tanya itu sendiri, pada tiga kata di dalamnya: mau, jadi, dan apa.

Mau adalah soal hasrat. Karena kita hidup dalam dunia dimana keinginan lebih penting dari kebutuhan, rasanya tak susah dicerna kenapa “mau jadi apa?” penting.

Jadi adalah soal eksistensi. Menjadi atau being ialah inti dari filsafat paling populer sebad ini, eksistensialisme. Tentu eksistensialisme bisa populer karena banyak ditanyakan dan digumuli oleh manusia seluruh dunia. Menjadi, being, dan eksis berarti penting buat kita. Mungkin karena kita takut tidak-menjadi, not-being, atau non-eksis.

Apa adalah kata tanya yang tampaknya lebih penting daripada bagaimana atau mengapa. Pada saat bagaimana dan mengapa mengandung proses dan kisah, apa adalah hasil final. Kita, masyarakat jaman serba-gampang dan instan, tentu tak butuh tahu banyak soal bagaimana dan mengapa menjadi apa, yang penting apa-nya itu sendiri.

So, mau jadi apa?

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s