Jeda

Dalam segala hal, kita perlu jeda. Jeda membuat kita waras dan mawas diri. Pada awalnya, berhenti sejenak dari suatu hal adalah kebutuhan. Lama-lama ia menjadi keberanian. Tak semua orang yang bisa dan bernyali untuk mengambil jeda di tengah jalan. Karena jeda adalah pemutusan terhadap hal-hal yang bersifat rutin.

Sebelumnya saya tak pernah melakukan ini, kecuali saat sedang jalan-jalan dalam waktu yang lama. Selama ini saya selalu menulis. Menulis apa saja. Mulai dari yang menghasilkan duit, sampai yang bersifat pelepasan emosi. Mulai dari tulisan ilmiah sampai puisi asal tulis. Singkatnya, saya selalu menulis (nyaris) setiap hari.

Termasuk di platform ini sejak 2010. Saya membuat ini karena dua alasan. Pertama, saya butuh sarana untuk menjebloskan ide-ide yang baku hantam di kepala saya. Kedua, saya tidak suka membaca artikel yang panjang di internet, jadi saya buat ini sebagai pengejawantahan konsep mulia do it yourself.

Saya belum akan berhenti. Tapi saya rasa, ini waktu yang tepat untuk mengambil jeda pada aktvititas menulis, setidaknya di sini. Saya merasa terlalu banyak dan sering menulis, serta semakin sedikit merenung dan berpikir. Meski proses menulis selalu butuh perenungan dan pemikiran, tapi saya tetap merasa ada yang tak pas.

Dalam masa jeda ini, saya ingin sekali merawat emosi saya yang dihajar habis-habisan satu semester ke belakang. Saya seperti dipaksa naik komidi putar dengan perut kenyang. Saya ingin muntah. Dan (mungkin) puncaknya adalah pekan ini. Saya kehabisan kata-kata. Saya tak percaya lagi pada apa-apa.

Sampai jumpa beberapa pekan (atau bulan) lagi.

Advertisements

One thought on “Jeda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s