Macet dan Parade Konsumerisme

Saya tengah terjebak di sebuah macet pada sore yang mendung. Saya tak bisa berbuat apa-apa, tak bisa maju dan mundur. Hanya diam dan pasrah pada takdir yang menghimpit. Yang terjadi setelahnya adalah pembunuhan terhadap kebosanan. Yang terjadi kemudian adalah parade konsumerisme.

Saya memerhatikan kanan kiri jalan sekadar untuk mengusir jenuh. Saya melihat nama restoran abc dan desain kedai xyz. Mungkin ada ratusan restoran, kedai, toko, kios, atau jenis usaha apapun yang saya tengok. Tanpa sadar, yang dikerjakan otak saya adalah menghafal. Lalu kepala saya menggambar sebuah denah. Denah itu membuat saya tahu bahwa laundry def ada disini dan supermarket vwx ada disitu.

Ternyata ketika saya dibungkam oleh macet, tokoh-tokoh utama dalam adegan konsumerisme berparade, mengenalkan dirinya lewat desain yang eye-catchy dan merk yang ekstentrik. Tujuannya agar mudah diingat, agar membuat orang paham bahwa jika anda ingin ngopi-ngopi cantik, datang kesini!

Saya lantas menyadari itu sebagai salah satu cara kerja konsumerisme yang mungkin tak disadari dan disengaja, bahkan oleh sang pelaku utama. Bukankah konsumerisme selalu bekerja dengan misterius dan langsung menyasar psikis kita? Ia adalah gejala psiko-sosial yang ajaib. Dan tak terpermanai.

Miris rasanya mendapati diri saya dan kaum urban lain dihajar begitu deras dari berbagai sisi. Pertama, ditinju oleh macet yang lambat laun kita maklumi sebagai proses menjadi ‘modern’ dan ‘beradab’. Kedua, dipukul telak oleh brand-brand yang tanpa sadar kita hafal dan merayu hasrat membeli kita yang tak pernah terpuaskan.

Selamat datang di kemacetan. Mari membeli.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s