Perihal Menunggu

Yang namanya menunggu itu tidak pernah enak. Apalagi menunggu tanggal suatu pengumuman. Apalagi bagi orang-orang yang jika harus mengisi kolom ‘hal apa yang Anda benci’, akan dengan mudah menuliskan ‘menunggu’. Saat menunggu suatu hari yang penting, waktu berjalan begitu lambat. Ia merangkak seperti kura-kura, terlampau hati-hati, terlampau ragu. Lajunya waktu terasa begitu elegik.

Sejak lama kita dididik untuk menunggu pengumuman. Sebut saja hal-hal yang menentukan seperti hasil ujian nasional, ujian masuk universitas, sidang skripsi, wawancara pekerjaan, tes bahasa Inggris, beasiswa, dan sebagainya. Juga untuk hal-hal yang sedikit lebih remeh, semacam siapa yang akan dihadapi Juventus di fase berikutnya Liga Champions atau apakah Boyhood akan memenangi Piala Oscar.

Tapi, meski terbiasa, sebagian orang tak pernah benar-benar lihai dalam kesenian yang satu ini. Saya ingat ketika menunggu hasil tes IELTS akhir tahun lalu. TIga belas hari jeda antara waktu tes dan pengumuman adalah semacam neraka yang laknat. Biasanya kita sering menyebut ‘time flies so fast’, tapi sepanjang tiga belas hari yang menyiksa itu, kredo ‘waktu berjalan cepat’ rasanya sudah mati.

Saya juga teringat memakai seragam putih biru berjongkok dan menunggu hasil ujian nasional di depan kelas bersama teman-teman. Pula tiga tahun kemudian saat menanti hasil kelulusan SMA. Saat pengumuman SIMAK, saya dapat hasilnya tengah malam dan langsung memeluk ayah saya ketika itu. Ketika pengumuman SNMPTN, saya baru pulang dari rumah sakit dan buru-buru membuka laptop untuk tahu hasilnya.

Menunggu pengumuman adalah pengalaman yang lumrah dalam jaman dimana meritokrasi diupayakan sekuat tenaga. Meski menyebalkan, di dalamnya terkandung romantisme akan masa-masa yang kita tapaki dalam perjalanan menjadi manusia. Kita terpaksa tersiksa berhari-hari saat menunggu, tapi mungkin itu salah satu mata pelajaran penting dalam memahami kehidupan dan kedirian.

Selagi belajar memahami, saya tetap pantas kesal, kan? Masih 11 hari lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s