WTF DWYL/YOLO

Saat Taylor & Francis membuka akses jurnal di Indonesia pada Januari lalu, saya baru tahu beberapa hari jelang masa surgawi itu berakhir. Saya hanya bisa mengumpulkan 50-an jurnal. Dari jumlah itu salah satu yang paling menarik adalah karya Brett D. Lashua, pengajar dari Leeds Metropolitan University. Judul jurnal itulah yang membuat saya mengklik tanda ‘Download’. Judulnya: DWYL?  YOLO.

Bentuk tulisan Lashua adalah komentar kritis terhadap artikel Miya Tokumitsu di Slate, medio Januari 2014. Artikel Tokumitsu berjudul ‘In the Name of Love’ mengkritisi popularitas istilah DWYL pada masa sekarang. Do What You Love, kata Tokumitsu, adalah alat ideologi paling sempurna untuk mengekalkan kapitalisme. Dia menilai DWYL merupakan cara kaum elit untuk mengeksploitasi angkatan kerja.

Saya jadi mengingat ucapan Dostoevsky yang baru saya retweet dua hari lalu: the best way to keep a prisoner from escaping is to make sure he never knows he’s in prison. DWYL adalah sebuah lanjutan dari kisah usang tentang bagaimana penguasa menjebak massa agar tetap diam dan tunduk pada sistem yang menuhankan kapital. DWYL, dan juga YOLO, adalah temuan muktahir dari pusaran itu.

Saya memang sudah lama curiga bahwa istilah-istilah populer yang berbau eksistensialis dan mengandung aroma kebebasan, macam DWYL dan YOLO, adalah tipuan kapitalisme (atau sistem apa pun itu, seandainya kata kapitalisme terkesan norak dan basi). Saya akui sempat tertarik dengan kredo You Only Live Once, tapi lama-lama saya sadar: kok kesannya individualis banget ya, jangan-jangan…

Dalam jurnalnya, Lashua berargumen bahwa popularitas DWYL makin menajamkan debat teoretik tentang apa bedanya work dan leisure di jaman sekarang. Dia juga mengkritik sistem pendidikan yang menurutnya berperan besar dalam langgengnya eksploitasi pekerja lewat istilah-istilah macam DWYL. Saya tak ingin membahasnya disini. Saya ingin menggeleng-gelengkan kepala saja.

Oh betapa hebatnya cara kerja kapitalisme. Semua ditelannya. WTF.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s