Ngeluh Akhir Tahun

Dalam banyak hal, tahun 2014 yang tinggal 14 hari begitu melelahkan. Saya seperti ditempa oleh mesin bernama kehidupan. Terlalu banyak waktu dimana saya mesti tertegun menatap dua atau lebih pilihan yang ada di depan mata. Masalahnya, kebanyakan adalah pilihan-pilihan yang berat. Sungguh, tak ada yang lebih memuakkan dari itu.

Mulai dari bulan pertama, saya harus memilih tetap tinggal di Depok atau pindah ke Solo. Lalu beragam kesempatan kerja yang saya tolak susah payah. Memilih pergi ke Sumba atau mengikuti tes di salah satu media tersohor yang sudah lama saya incar. Bertahan di dunia jurnalisme yang sudah dirintis atau sok pintar mau sekolah di luar negeri.

Setiap pilihan lantas membentuk kebingungan baru, pilihan-pilihan baru yang mesti dipilih. Ini seperti monster yang secara kontinu menggertakkan gigi, membikin ngilu di dada dan pening di kepala. Saya dipaksa membunuh satu kesempatan demi kesempatan lain, satu keinginan demi keinginan lain. Sepanjang tahun, saya pembunuh berkeringat dingin.

Di ujung tahun makin intens. Riset ke Papua atau mencari pekerjaan lain yang belum tentu dapat. Ke Lombok atau mengurus beasiswa yang pasti setengah mati dapatnya. Mau bongkar federasi korup atau menata hidup sendiri. Ngotot kuliah lagi tahun depan atau menunda setahun lagi. Dan beragam ‘atau-atau’ lainnya yang bikin saya mual.

Tadinya saya ingin mengakhiri tulisan ini dengan kalimat seperti ‘semua ini membuat saya menjadi lebih dewasa karena terus dipaksa memilih pilihan-pilihan yang sulit.’ Tapi itu ala motivator dan lebih cocok di buku-buku self help. Sementara, saya saja sulit memotivasi dan menolong diri sendiri. Kadang kalau mau ngeluh ya ngeluh aja, nggak perlu sisipan motivasi.

Ya nggak?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s