Soccer

Pada suatu siang di pertengahan tahun 2003, saya mengunjungi Toko Buku Gunung Agung di Plaza Depok bareng ayah saya. Sejak kecil, saya diajarkan oleh ayah bahwa mendatangi toko buku adalah vakansi. Kebiasaan itu terbawa hingga sekarang. Di siang itu, saya keluar toko buku dengan menenteng tas plastik berisikan Tabloid Soccer.

Itu kali pertama saya membeli Soccer. Cerita setelahnya seperti kisah seorang pecandu yang ketagihan menghisap mariyuana. Sejak kelas 1 SMP hingga sudah lulus kuliah, saya masih membeli tabloid yang sama di setiap Kamis siang. Soccer adalah bagian penting dalam perjalanan saya menggilai permainan paling mulia di muka bumi: sepak bola.

Buat saya, Soccer adalah semacam kebudayaan. Paling tidak dalam hal ritus pergi ke kios koran tiap hari Kamis dan gaya saat menulis artikel sepak bola atau yang sifatnya jurnalistik. Jadi ketika tahu bahwa budaya yang terbangun selama 11 tahun akan diberangus, saya merasa menjadi korban genosida (tanpa mencoba merendahkan korban genosida yang sebenarnya).

Terlebih pemberangusan ini terjadi di bulan yang seharusnya menjadi bulan terakhir saya menggawangi DuniaSoccer, yang telah berlangsung sejak November 2013. Saya seperti linglung. Hingga saat ini saya sebenarnya masih mencerna dan meraba-raba apa maksud dari semua ini. Dan itu membuat saya teringat pepatah Yunani kuno: man plans, god laughs.

Komedi satir karya yang empunya dunia ini semakin epik. Saya mendapat kesempatan menulis di Tabloid Soccer, sesuatu yang saya inginkan sejak remaja. Mirisnya, tulisan pertama saya di Soccer hadir pada edisi terakhir hari ini. Setelah ini saya akan membingkai tulisan itu dan memajangnya di kamar sebagai penanda untuk mimpi yang terwujud dan kegetiran lawakan tuhan.

Advertisements

One thought on “Soccer

  1. Rasanya spt saat aku kehilangan majalah seventeen Indonesia, pdhal dr semua majalah remaja adaptasi, yang paling bagus dan gak terlalu hedon ya seventeen itu..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s