Absurd

Ini mungkin minggu paling absurd dalam hidup saya. Membuat saya banyak berpikir meski susah mencerna kenyataan yang ada. Segalanya seperti membentuk pusaran kegilaan yang tak habis-habis. Bukan sedih atau luka atau apa, hanya linglung dan bingung. Kata-kata seperti putus di ujung lidah. Lalu sepotong tanya meletus, what the fuck is happen?

Dua minggu lagi saya akan memulai kebiasaan baru. Setiap Kamis siang, saya tidak akan lagi membeli tabloid yang sama selama 11 tahun terakhir ini. Ini kenyataan yang pilu. Lebih pilu lagi karena detil-detilnya bagai komedi getir untuk saya. Segalanya terasa pas dan konyol dan meledek. Seperti tuhan sedang bercanda dan menertawakan punch-line yang dibuatnya sendiri.

Kenyataan ini membuat saya sering terbengong-bengong. Tadi malam, di busway pulang dari kantor tabloid bersangkutan yang juga telah menjadi kantor saya selama setahun ini, saya mendapati diri saya termenung beberapa kali. Bagian diri saya yang lain bisa melihat tatapan yang kosong itu, seperti sedang bertanya-tanya dan tak mendapat jawaban.

Ini memang minggu yang aneh sejak hari Senin. Entah kenapa. Semuanya terasa tak pada tempatnya, tak normal, dan tak biasa. Terlebih pagi ini saya mendapati kopi luwak yang saya minum seminggu ini sudah dicampur dengan kapal api dan kopi flores. Saya tertawa dan menggeleng-geleng di saat yang sama, mencoba meresapi seluruh absurditas alam raya.

Minggu ini masih tersisa 58 jam lagi. Kegilaan apa lagi?

Post-scriptum (25 jam kemudian): Ternyata campuran tiga jenis kopi di atas lumayan enak. Mungkin ke-absurd-an bukan hal yang buruk.

Post-scriptum (4 jam sebelum pekan berakhir): Saat sedang menonton Sampdoria vs Atalanta, seorang teman tiba-tiba menyapa via whatsapp, “gue bingung tentang tuhan.” Ya, sebuah akhir yang acak untuk pekan yang super-acak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s