Politik

Circa 2014.

Kebanalan seperti asap. Kata-kata menjadi murah. Dan yang muncul adalah gelap pekat. Kita berdiri di tengah kedangkalan-kedangkalan ini, dengan suapan berita-berita pers yang mandul, dan simpatisan tai anjing. Tapi ini tahun politik, masa dimana ketololan berjumlah dua kali lipat lebih besar dari biasanya. Setelah pesta bubar, semua pulang dan meratap di rumah masing-masing. Kita selalu tahu bahwa politik mengecewakan.

Saya lantas teringat ayah saya. Sepuluh tahun silam saya ingat dia mendukung satu capres (yang akhirnya jadi presiden) dengan getol. Saat itu, sang capres memang harapan besar publik. Tapi kita tahu, setelah dua periode bahkan, harapan itu kandas dan tinggal remah-remah penyesalan. Saya ingat ayah saya kecewa berat, pilihannya hanya sampah. Dari situ saya belajar untuk takkan berharap pada sosok berlabel politisi.

Memang, bukan berarti semua politisi anjing. (Saya mohon ampun pada pecinta anjing yang mungkin beranggapan anjing-anjing lebih terhormat dari politisi). Hanya sebagian…besar. Sebagian kecil lain adalah orang baik, atau pura-pura baik, atau dibikin seolah baik oleh media. Tapi, ah sudahlah. Cukup soal politisi. Politisi memang sudah kaya tai dari sananya. Masalahnya banyak yang gila karena tai-tai itu.

Orang-orang ini, mereka yang banyak bacot dan sok ngerti politik (oke kalau ngerti politik sih gak masalah, suer), tampaknya lebih tai dari politisi itu sendiri. Asal baca cuitan orang atau artikel murahan atau asal retweet dan pasang avatar yang trendi dan pake tagar slogan perlawanan yang lagi hits, mereka merasa udah jadi manusia Indonesia. Manusia Indonesia yang sadar hak dan kewajiban sebagai WNI. Kontol.

Merekalah sebenarnya sumber kebanalan ini.

Udah ah, lama-lama nanti saya kaya mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s