White Fang

White Fang adalah cerita tentang kita. Jack London seperti berbicara tentang manusia dengan memakai serigala sebagai perumpamaan. Bahasanya liris dan mudah diikuti. Saya seperti menjadi seorang anak-anak lagi yang membaca kisah tentang serigala dan salju. Pada masa dewasa dimana cerita binatang dilupakan dan salju hanya gimmick yang kaku, membaca White Fang adalah melankoli tersendiri.

Memulainya dengan cerita dua orang manusia, dan bukan langsung menuju ke serigala, adalah kegeniusan London dalam mengajak pembacanya terpusar arus. Terutama bagi pembaca yang sangat berharap banyak pada bagian awal sebuah buku, selain bagian akhir tentunya. Jadi begitu kisah tentang serigala dituliskan, saya tak lagi bisa menaruh buku kembali ke rak. Saya harus membaca hingga tumpas.

Terlalu banyak detil yang indah dalam White Fang. Tiap bagian adalah proses yang penting dalam mendoktrin bahwa White Fang adalah kita. Mulai dari caranya memandang dunia pertama kali; pertarungan pertamanya dengan binatang alam liar; ditangkap oleh Indian, menjadi jinak, dan kehilangan sedikit insting alam liarnya; cambukan saat ia jadi serigala aduan; hingga pertemuan dengan manusia yang mencintainya.

Semua itu seperti aliran yang tak buru-buru, memberi kita waktu sejenak untuk membayangkan dan bertanya, apakah saya seperti White Fang? Apakah setiap kita punya insting alam liar yang tersisa dari penjinakkan oleh peradaban? Apakah kita sama tak beraninya dengan White Fang untuk kembali ke alam liar, ke hakikat, dan lebih memilih untuk nyaman dalam pelukan dunia yang telah diatur ini dan itu?

White Fang mengajarkan bahwa sosialisasi dan peradaban membuat kita lumpuh. Pilihan menjadi terbatas. Namun juga bahwa insting dasar tak akan pernah mati. Adalah tugas kita masing-masing untuk mencari, menemukan, dan berani menunjukkan. Setelah itu konsekuensi muncul. Kita menjadi dilematis dan harus memilih untuk patuh kemana: hakikat hidup atau tuntutan jaman? Pada titik itu peperangan meletus di kepala.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s