Ubud

Siang ini saya dari Ubud, sekadar melihat-lihat dan mencicipi babi guling Bu Oka. Setelah dari Sumba, mengunjungi Bali terasa janggal. Bali terasa terlalu ramai, terlalu hiruk, terlalu mengada-ada. Lalu lalang turis, dari mulai yang pirang, mata sipit, dan lokal, membuat saya merindukan Sumba. Tapi tak lebih dua jam di Ubud, saya mendapat cerita yang menarik. Memaksa saya mengingat Julia Roberts di film Eat, Pray, Love.

Ceritanya saya sedang duduk-duduk sambil minum Sprite di pinggir jalan, di dekat bapak-bapak taxi (ojek). Seraya berteduh dari terik, saya menikmati lalu lintas manusia. Lalu muncul seorang bule perempuan setengah baya yang menanyakan arah jalan. Salah seorang ojek menjawab dan menawarkan jasanya, tapi ditolak sang bule. Tak ada debat, tak ada teriakan. Yang muncul setelah itu hanya percakapan yang lebih panjang dari dua orang berbeda warna kulit.

“Biar saya antar saja,” kata si bapak.

“Tidak. Saya sedang stres, lebih baik jalan saja untuk menghilangkan stres,” timpal si bule perempuan sambil tersenyum rapuh.

“Ya, jalan bagus buat menghilangkan stres anda,” balas si bapak.

Percakapan mengalir. Si bapak memberikan beberapa petuah kepada si bule. “Jangan stres, nikmati liburan anda” atau “semua orang juga punya stres, tidak cuma anda”. Kira-kira kalimat klise semacam itu. Si bule, mengingatkan saya pada Julia Roberts dan membuat saya membayangkan kehidupannya yang kacau di luar sana, berterima kasih pada si bapak. Dengan tulus, dia bilang, “terima kasih banyak, anda orang yang sangat baik. Terima kasih nasihat bijaknya.”

Saya yang mengamati dari jarak dekat hanya senyam-senyum melihat percakapan itu. Bahasa Inggris aksen Bali yang diucapkan si bapak dan cara si bule membuka diri pada sesuatu yang asing membuat saya tiba-tiba merasa sejuk di bawah terik. Klise dan komikal, percakapan itu pantas dipandang sebagai sesuatu yang berarti. Membuat saya belajar meresapi hal-hal yang klise, juga berani membuka diri pada sesuatu yang asing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s