Ingatan dari Solo

Awal tahun ini saya sempat beberapa kali bolak-balik Solo dan Jakarta untuk mengurusi wawancara kerja di salah satu koran lokal di Solo. Adalah cita-cita saya mencari nasi di luar Jakarta yang membuat saya mencoba peruntungan itu. Pada akhirnya saya dapat posisi yang saya mau, tapi saya tak jadi menerimanya. Berbagai alasan melatarbelakangi salah satu keputusan terpelik (dan rawan disesali di kemudian hari) dalam hidup saya itu. Tapi itu tak penting.

Di Solo saya menumpang di rumah salah satu om (tapi hanya lebih tua dua tahun) yang telah tinggal di sana sejak 2008. Om saya itu selalu bilang sejak awal bahwa dengan ijasah yang saya punya, saya pasti diterima. Tapi saya tak terlalu berharap. Sebetulnya saya hanya coba-coba berhadiah, menguji diri, mengetes apakah ijasah dan kemampuan saya bisa membawa saya keluar dari Jakarta kelak.

Tapi om saya mengatakan, “justru karena kamu ga terlalu berharap, kamu bakal dapet. Biasanya orang yang ga ngarep-ngarep banget yang dapet.” Kata-kata itu saya lupakan begitu saja sepulangnya saya ke rutinitas sehari-hari yang biasanya. Namun, semesta punya caranya sendiri untuk membuat kita teringat pada pesan-pesan penting dari masa lampau.

Alkisah, dua hari lalu saya sedang mengulik berita tentang rumor kembalinya Alessandro Del Piero ke Juventus. Rumor itu dicetuskan oleh Stefano Del Piero, agen sekaligus saudara kandung  Alex. Keseluruhan isi berita itu hanyalah rumor yang basi dan standar. Tapi saya suka kata-kata terakhir Stefano: some things in life happen when you least expect them.

Suara Stefano bernada sama dengan apa yang dikatakan om saya di suatu sore yang gerimis di Kota Solo. Mungkin karena saya sedang membaca Ten Insight-nya James Redfield, maka saya menganggap hal itu bukanlah kebetulan. Bukan kebetulan pula jika ingatan dari Solo dan kata-kata Stefano itu datang di waktu yang (kurang lebih) tepat. Dan saya memakainya sebagai anestesi untuk hidup yang gila ini.

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s