Amba

Amba merupakan buku karya Laksmi Pamuntjak. Saya mendapatkannya sebagai hadiah ulang tahun dari adik saya. Sudah lama sekali rasanya sejak terakhir kali dihadiahi sebuah buku saat ulang tahun. Seingat saya yang terakhir itu adalah buku Harry Potter entah edisi ke berapa. Saya tak pernah ada niatan sama sekali untuk membacanya meski buku itu masih ada di lemari koleksi buku di rumah.

Amba adalah cerita tentang seorang perempuan bernama Amba, yang namanya diambil dari tokoh dalam kisah pewayangan. Pusat cerita adalah pencarian Amba tentang sosok Bhisma (juga nama tokoh dalam wayang) yang membuatnya harus melakukan perjalanan ke Pulau Buru. Bhisma adalah salah satu tapol di Buru yang tertangkap saat terjadi kerusuhan di Yogyakarta pada sekitaran peristiwa G/30 S PKI.

Latar sejarah yang erat dengan peristiwa tersebut penting dalam buku ini. Seakan buku ini memang dijadikan sebagai usaha melawan lupa atas sejarah kelam bangsa ini. Mulai dari peristiwa 30 September hingga masa Orde Baru yang penuh kebiadaban. Laksmi dalam halaman persembahannya memang mempersembahkan buku ini untuk mereka yang pernah ditahan di Buru. Ia ada di pihak mereka yang dimusnahkan kehidupannya.

Dengan gaya bahasa yang sedikit mengingatkan saya pada gaya Goenawan Mohamad, Laksmi memakai alur maju-mundur dalam karyanya. Ia mulai dari pencarian Amba di Buru, lalu kembali ke masa kecil Amba di Kadipura hingga meneruskan sekolah di UGM. Lalu ia cerita tentang Amba dan kisah cintanya dengan 3 orang pria: Salwa, Bhisma, dan Adalhard. Lalu ke cerita tentang Bhisma. Lalu kembali ke pencarian Amba di Buru.

Gabungan kisah pewayangan, cerita sejarah bangsa, dan roman yang melankolis dan tragis membuat Amba menjadi sesuatu yang unik. Meski begitu, novel ini tak terlalu berkesan bagi saya. Bagus, tapi tak cukup untuk jadi monumental. Tapi paling tidak ada satu kalimat yang tak bisa saya lupa, yaitu kata-kata Bhisma pada Amba: “wajahmu mengandung kesedihan sebuah kota.” Saya rasa itu salah satu frasa terindah yang pernah saya baca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s