Distopia

Kebebasan mungkin lebih semacam distopia daripada utopia. Saya tak tahu pasti dan tak terlalu ingin tahu. Kebebasan memang tak butuh definisi dan arti-arti. Seperti hidup kata Pram, ia sesungguhnya sederhana, hanya tafsir-tafsirnya saja yang rumit. Lalu apa yang membuatnya menjadi utopia, apa yang membuatnya jadi distopia? Perspektif.

Ujung-ujungnya semua tergantung lagi pada mata dan kepala masing-masing. Awalnya saya terlampau percaya bahwa bebas ialah semacam utopia, dongeng yang terlampau indah untuk dikarang, apalagi jadi nyata. Kebebasan hanya omong kosong, seperti kata iklan yang munafik di ujungnya itu. Tapi saya lantas ingat sebuah tulisan: bagaimanapun sia-sianya, setiap utopia selalu berarti.

Apa artinya kebebasan yang utopis? Mungkin ia akan berguna sebagai destinasi yang sesungguhnya tak ada. Orang-orang menatap padanya, memimpikan untuk sampai padanya, lantas melakukan sesuatu dalam hidup untuk bisa menapakinya. Tapi di akhir semua mungkin saja akan kecewa: tujuan itu tak ada, hanya fatamorgana yang ditawarkan semesta. Pada akhirnya karena terlanjur kecewa, masing-masing menurunkan kebebasan dalam definisi-definisi yang sempit.

Atau mungkin saja kebebasan itu memang tak perlu ada, karena ia sesuatu yang buruk. Menjadi bebas seringkali berarti khaos. Pengalaman-pengalaman purba manusia bisa saja yang membuatnya jadi distopia yang tak diharapkan. Oleh karena itu aturan dibikin, hukum dirancang, dan manusia dipasung oleh undang-undang dan rambu-rambu. Tak perlu kehendak bebas, yang penting tertib dan teratur.

Oleh mata dan kepala tertentu, bebas layaknya mimpi buruk yang tak perlu eksis. Cukup hadir dalam kepala sebagai angan yang menakutkan. Terlepas dan tak tergantung oleh segala tata aturan, norma, dan relasi-relasi sosial memang lebih menyerupai sesuatu yang menakutkan. Oleh karena itu, aturan tetap tegak, hukum tetap sembarang, manusia tetap dipenjara. Lantas kebebasan hanya jadi mainan sistem yang ada dan menjadi dangkal sedangkal-dangkalnya.

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s