Tidak Ada Judul

Menginjak rem di dunia yang memacumu terus berlari bukanlah hal mudah. Menikmati sore dengan tenang sambil mengecap kopi instan di pojok teras rumah, sedang seisi semesta menginginkanmu saat sore hari sedang berada di rimba yang macet dan sesak di ibukota yang penat: itu juga bukan hal yang gampang. Memenuhi segenap ekspektasi yang kau tolak sejak dalam kepala sama sekali tak semudah membalikkan telapak tangan.

Kita akui saja selama ini kita hidup untuk orang lain. Omong kosong tentang diri sendiri, tentang passion, tentang tai kucing lain yang selama ini dihias dengan filosofi-filosofi eksistensialis atau gagasan-gagasan Nietzsche. Fakta yang ada kita hanyalah segerombolan kesia-siaan yang dibentuk oleh sosieta, yang tertelan mentah-mentah dalam sistem yang mengharapkan banyak hal dari kita. Selamanya kita bukan apa-apa.

Tapi lantas saya akan dicecar. Sekali lagi, menjadi pesimis di dunia dimana buku-buku jenis selfhelp, selfmotivation, dan psikologi untuk diri sendiri yang berbau optimistis sedang laku adalah pekerjaan sulit. Selamanya optimisme akan dibangun, tak lain dan tak bukan untuk mengekalkan sistem yang akan abadi menekan umat manusia, dari generasi ke generasi. Kita adalah spesies yang rapuh.

Tapi sudahlah, protes tak akan membuat hidup ini jadi berubah. Selamanya orang-orang di sekelilingmu, seseorang yang penting atau bukan siapapun yang kau kenal, akan terus meneriaki untuk bergegas mencari hidup yang sama yang diinginkan segenap orang di seluruh jagad raya: lahir, sekolah, kuliah, kerja, menikah, punya anak, mati. Dunia akan tetap sama dan bumi tetap berputar dalam kegilaannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s