Bebas!

Sejatinya tidak ada manusia yang lebih tinggi derajatnya dari manusia yang bebas. Dan bebas adalah sesuatu yang luhur yang berumah di hal-hal sederhana. Hari ini, kebebasan di tempatkan di bibir dosen yang dari dalamnya meluncur kata-kata yang melukiskan hasil akhir sidang. Apa yang lebih indah dari keluar dari tempat yang selama ini kau anggap sebagai penjara yang mengekang?

Saya bukan tak suka sekolah. Sama sekali tidak. Hanya semacam perasaan ‘it’s not belong to me’ yang terus menusuk-nusuk ulu hati. Sekolah seperti segerombolan pengecut yang enggan tak sama. Dan sudah terlalu lama saya ada di dalamnya dan menjadi pengecut yang fasih. Maka ketika kesempatan datang untuk lari, saya merasa seperti burung yang terbang bebas ke angkasa.

Sepulang dari kampus, kata-kata Thoreau yang disitir McCandless dalam kisah Into The Wild terngiang-ngiang di kepala. Katanya, ‘rather than love, than money, than fame, give me truth.’ Sambil mengutuki jalanan yang agak macet saya teriak dalam hati: rather than every fucking thing, give me TRUTH! Saya tak tahu pasti kenapa kata-kata itu muncul di benak. Mungkin kebenaran dan kebebasan selalu berdampingan?

Setelah ini saya tak tahu ada apa. Harusnya ini bangku sekolah terakhir. Atau mungkin tidak? Omong kosong tentang masa depan harusnya disudahi, karena yang seharusnya dibicarakan adalah kebenaran yang transenden. Dan besok saya ingin bangun dengan perasaan paling indah di dunia: mendapati diri sendiri sebagai orang yang kaki dan tangannya tak terbelenggu apapun.

Selanjutnya, setelah kebebasan, adakah kebenaran yang telanjang?

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s