Oasis

“I’ve been lost, I’ve been found, but I don’t feel down.”

Sore ini seperti sore-sore lain di beberapa minggu terakhir. Dihabiskan di depan laptop dengan mengetik kata-kata yang tidak perlu dimengerti. Semuanya berjalan seperti mesin yang derunya menyentak dan membikin bising telinga. Suatu saat segala pekerjaan ini, dan juga sore-sore yang sia-sia itu, akan berakhir. Dan telinga akan sejernih air laut di Pantai Natsepa. Tak ada lagi kebisingan.

Seperti biasa pula, di tengah kekacauan pikiran tentang harus mengetik apa saya melarikan diri dengan berbagai macam moda. Kali ini, dan yang paling ampuh, saya menyeduh kopi. Percayalah, jika ragu minumlah segelas kopi di sore yang tak terik. Cara itu cukup jitu dan termanifestasikan dalam baris-baris kalimat yang saya ketik sebelum saya mengetik ini. Ini juga sebenarnya adalah eskapisme sesaat.

Tapi selain kopi, sore ini telinga saya tiba-tiba saja diisi lantunan lagu Oasis, band asal Manchester yang sudah lama bubar itu. Selalu ada momen seperti itu: di telinga tiba-tiba terdengar lagu lama yang sudah lama tidak didengar. Dari mana datangnya suara itu? Hanya Tuhan yang tahu. Maka, saya kembali ke laptop, relaks sejenak sambil mendengarkan beberapa gumam Gallagher bersaudara yang dinyanyikan.

Pada akhirnya kopi dan Oasis serta pelarian-pelarian lain adalah oasis di tengah gurun yang panas dan menyiksa tapi asik untuk dijelajahi ini: skripsi. Semua jelajah ini akan berakhir pada satu titik dimana yang pelarian akan menjadi kegiatan rutin yang tak lagi sebagai pelarian. Mungkin segala oase yang saya ciptakan dan temukan itulah yang menuntun saya pada lautan. Nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s