Cermin

Konon, hal tersulit adalah memaafkan diri sendiri, berdamai dengan diri sendiri. Tak ada hukum yang saklek yang menjelaskan kebenarannya. Tapi demikianlah hidup di dunia yang serba relatif. Aturan pada dasarnya hanyalah rangkaian tata cara yang pada akhirnya ada untuk diperbarui melalui pemberontakan-pemberontakan. Untuk saat ini baiklah kita percaya kalimat awal tadi. Hal tersulit adalah berdamai dengan diri sendiri.

Sesekali pandanglah ke cermin, lihat sosok yang ada disana, berbicaralah dari hati ke hati. Lantas apapun yang dirasa, tumpahkanlah. Makilah jika marah, tunjuklah ke batang hidungnya dengan mata melotot, kalau perlu tonjok hingga cermin menjadi serpihan yang tak satu atau dua. Dari perbincangan itu harusnya yang lahir adalah kejujuran, kejujuran pada diri sendiri. Sesulit itukah?

Kita memang seringkali menipu diri sendiri. Sejak lahir kita terbiasa dengan riasan dan segala aturan yang saat dewasa kita sadari itu sebagai tali kekang dan kepalsuan yang menjebak kita dalam riak-riak kebohongan. Segala omong kosong ini membuat kita perlahan menjauh dari diri kita yang sebenarnya, yang ada entah dimana. Berkali-kali kita tak serasi dengannya, hingga satu waktu kita menatap cermin. Dan berbincang.

Maka selanjutnya adalah keikhlasan, penerimaan yang seluruh. Menerima diri sendiri sebagai kawan yang karib, yang ada untuk saling mencintai dan dicintai, menjadikan diri sendiri bukan sebagai musuh. Pada akhirnya tumpukan kesalahan-kesalahan masa lalu adalah perjalanan panjang dalam pencarian kita menuju diri sendiri yang tadinya jauh itu. Kini ia ada tepat di jantung hati, yang sudah robek.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s