Pulang

Langit mulai menunjukkan tanda-tanda sore akan tiba, lalu disusul malam. Saya dan kawan masih dalam kendaraan yang membawa kami melintasi rute Labuan Bajo – Ruteng. Entah kapan kembara ini akan tuntas, kami tak terlalu peduli. Setelah memuaskan masa muda yang singkat dengan bermandian lautan hampir selama dua minggu, kami mencapai dataran tinggi. Demikianlah Ruteng jadi peristirahatan selanjutnya.

Terletak di wilayah Manggarai, Ruteng mungkin salah satu kota tersibuk di kawasan ini. Bukan kota yang besar, namun cukup untuk menaruh kantor Bupati dan aparat-aparat negara lain disini. Rencana kami adalah menumpang tidur di biara di Ruteng, memohon welas kasih suster-suster sambil memasang muka melas khas pejalan yang lemas. Maka rencana berhasil, kami menikmati salah satu akomodasi ternyaman sepanjang perjalanan ini.

Hanya semalam kami singgah. Kami sempat mencicipi Ruteng di malam hari dengan berjalan kaki ditemani seorang anak lokal yang bertelanjang kaki di dinginnya Ruteng malam itu. Sampai saat ini, tatkala melihat kelam malam, entah kenapa saya terbayang malam singkat di Ruteng itu. Keesokannya sebelum bergegas melanjutkan perjalanan, kami sempat mengunjungi situs gua bernama Liang Bua.

Namun sejatinya, bagi saya secara personal, Ruteng tak akan pernah saya lupakan karena momen saat kendaraan travel yang kami tumpangi mulai memasuki kota itu. Satu per satu penumpang diantar ke tempat tujuan masing-masing, kebanyakan menuju rumah, tak seperti kami. Saya menikmati betul tiap penumpang yang turun dari travel, menenteng barang-barangnya, dan disambut sanak saudara yang menanti.

Sontak saat itu saya langsung ingat rumah. Membayangkan sayalah orang yang turun dari travel itu, menggendong ransel dengan tergopoh-gopoh dan tersenyum melihat orang-orang rumah menyambut kedatangan. Pada akhirnya memang perjalanan akan usai dan rumah acapkali justru menjadi tujuan yang paling diidam-idamkan oleh para pengembara. Kami memang kaum yang payah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s