Ikhlas

Saya selalu menganggap perjalanan sebagai upaya meditasi. Bukan sekedar hobi untuk mengisi waktu kosong, bukan pula demi gengsi memajang foto di jejaring maya. Saya selalu menganggap kegiatan ini sebagai salah satu hal yang menyelamatkan hidup. Mungkin terkesan hiperbolis tapi persetanlah.

Sekali saya merasa berutang budi pada perjalanan karena secara terbuka ia memberi ruang bagi saya untuk bertanya macam-macam tentang hidup, tentang tuhan, tentang apa saja yang terjadi. Ruang yang mungkin tak dapat ditemui di rutinitas reguler. Dan biasanya sepulang dari kembara, saya merasa kelegaan yang aneh.

Pertanyaan-pertanyaan mungkin tak seluruhnya terjawab sempurna. Tapi kadang ada sebuah penyaluran tanpa nama yang membuat saya menerima keadaan bahwa tak semua pertanyaan menghasilkan jawaban. Maka dari sana saya belajar tentang menjadi pasrah, menerima apa adanya, juga ikhlas.

Sesuatu kadang memang menjadi duri yang menusuk. Kita lalu bertanya dan mengeluh entah pada siapa soal itu. Layaknya seorang pertapa yang melakukan meditasi di tempat-tempat sunyi demikian halnya seorang pejalan. Namun mengutip seorang asing, pertapaan ala pejalan adalah dengan bergerak, sambil berjalan, sambil melihat-lihat.

Dari situlah biasanya pertapaan, meditasi, atau apalah namanya itu, menghasilkan sesuatu yang lebih melegakan. Mungkin bukan dalam bentuk jawaban yang jelas, pasti, dan diharapkan. Tapi dalam rupa lain yang mungkin mengejutkan. Seperti perasaan plong yang lepas dan bebas, seperti Siddharta kala mencapai Nirvana.

Suatu kali saya akhirnya menikmati rasanya menjadi ikhlas. Dan di waktu yang lain saya ternyata mengalaminya untuk kali kedua. Menerima apa-apa yang terjadi dalam hidup sebagai sesuatu yang memang begitu adanya dan tak perlu ditanyakan dengan macam-macam. Tapi bertahan lamakah keikhlasan kali ini? Entah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s