Mimpi

Saya selalu percaya setiap mimpi punya arti. Apalagi ketika seorang berulang kali merasuk dalam bunga tidur, sekedar muncul atau bicara panjang lebar tentang ini dan itu. Tak hanya sekali dua kali, bahkan kalau tidak salah sudah lima kali dalam jangka waktu yang tak terlalu panjang. Maka saya pantas gelisah dan bertanya dalam kekosongan udara: apa arti mimpi-mimpi ini?

Dididik oleh sekolah untuk berhipotesa, maka saya pun mengambil kesimpulan awal. Tapi simpulan itu tak memuaskan segala keresahan. Pada akhirnya hanya berhipotesa dan berandai-andai tak cukup. Kadang yang diperlukan adalah melangkah keluar, mengetuk pintu, dan melihat langsung tatapan orang yang di mimpi itu. Tapi bagaimana jika ada aral yang melintang? Putus asa.

Pelarian pun berlanjut pada sains. Maka teringatlah psikolog terkenal itu, Sigmund Freud yang pernah menuliskan karya berjudul The Interpretations of Dreams. Saya belum sempat membacanya, tapi punya koleksi buku elektroniknya. Maka saya membuka, tak berniat membaca, hanya melihat-lihat. Sebuah bab rasanya sudah cukup untuk merangkum kebungkaman kata: a dream is the fulfillment of wish.

Freud mungkin tepat. Mimpi kadang adalah pemberontakan atas kenyataan. Tapi sebagaimana pemberontakan-pemberontakan di seluruh dunia dan di segala masa, ia selalu memakan korban. Apa yang dikorbankan pada mimpi-mimpi saya ini? Saya sendiri, orang di mimpi itu, kita berdua, atau sesuatu yang lebih agung yang sudah diperdebatkan sejak jaman purba namun tak kunjung mencapai definisi yang tegas?

Jika malam ini ia masuk lagi dalam mimpi, tak cukupkah pemberontakan-pemberontakan sebelumnya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s