Menyitir Marley

Pada tahun 1977, atau 4 tahun sebelum meninggal, Bob Marley merilis album berjudul Exodus. Album ini merupakan salah satu yang terbaik yang pernah dikeluarkan pria Jamaika itu. Dalam album itu, Marley menyertakan sebuah lagu yang lirih yang kemudian menjadi anthem bagi siapa saja yang sedang menantikan datangnya cinta. Judul lagu tersebut adalah Waiting In Vain.

“I don’t wanna wait in vain for your love” membuka lagu tersebut. Siapa pula yang ingin penantiannya sia-sia? Lagu ini sepertinya pesimistis jika kita kita tak cermat. Tapi kemudian Marley menyanyikan, “but the waitin feel is fine.” Menunggu rupanya bisa juga mengasyikan, meski kadang perasaan bosan membunuh pelan-pelan. Ini soal menikmati sesuatu yang tak pasti.

Saya tak tahu pasti latar belakang Marley menuliskan lagu ini. Mungkin lagu ini berangkat dari pengalaman pribadinya. Jika benar, Marley rasanya orang yang sabar: “cause if summer is here, I’m still waiting there, winter is here, and I’m still waiting there.” Menunggu berarti rela tubuh dan jiwa digerogoti rasa lelah yang seketika bisa membikin menyerah. Jadi, ini soal kegigihan.

“It’s been three years since I’m knockin on your door, and I still can knock some more. Oh girl, oh girl, is it feasible?’ Marley sepertinya mulai letih dan mulai bertanya yang tidak-tidak: apakah semua penantian ini layak, apakah ini semua akan berhasil?  Tapi ia tak peduli, tetap mengetuk pintu, dan mengemukakan alasan: “in life I know there’s lots of grief, but your love is my relief.”

Sayang di akhir syair sepertinya sang penanti mendapat kecewa, “it’s me love that you’re running from.” Cinta yang ditunggu itu rupanya berlari menjauh, penantiannya itu rupanya benar-benar menjadi sia-sia. Maka jadilah Waiting In Vain menjadi lagu wajib bagi mereka yang patah hati. Akan lebih perih lagi jikalau lagu ini sedikit digubah: “I do wanna waiting in vain for your love.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s