Mencapai Nirvana

Pada suatu malam belum lama ini saya merasakan gejolak aneh yang meletup dalam ketenangan. Semacam perasaan yang jarang muncul: perasaan tak berperasaan. Seperti semuanya menjadi kosong, lenyap, tandas, mampus. Segala kepingan rasa mendadak sirna berganti dengan keheningan total. Tak ada senang atau sedih, tak ada penyesalan atau hasrat, semua melebur menjadi satu rasa yang tak ternamai.

Saya lantas merasa menjadi sosok Siddharta di bawah pohon bodhi ratusan tahun silam. Rasanya seperti telah mencapai nirvana. Segala rasa-rasa duniawi lenyap, yang sisa hanyalah kedamaian yang aneh. Kegilaan ini mungkin adalah puncak dari segala pencarian yang selama ini dijalani dengan malas dan tanpa mencari-cari. Spiritualitas mungkin punya waktunya sendiri, sama seperti puisi dan revolusi, menyitir Goenawan Mohamad.

Lucunya, sebenarnya tak hanya kali itu perasaan tak merasakan apa-apa itu muncul. Suatu waktu perasaan yang mirip pernah hadir dalam malam yang semrawut. Tapi kala itu nuansanya lebih negatif, semacam waktu yang tepat untuk bunuh diri karena toh hidup tak punya apa-apa lagi untuk dirasakan, untuk disesali, untuk diingini. Mati kiranya menjadi solusi paling keren dari rasa yang muncul berbulan-bulan lalu itu.

Kini saat rasa yang serupa itu muncul, auranya terasa lebih positif dan optimistik. Seperti mendapat suntikan baru untuk menjalani hidup yang sialan ini tanpa beban apa-apa, toh rasa-rasa sudah menguap entah kemana, juga hasrat dan sesal. Yang tinggal hanya kemauan menjalani hidup dengan apa adanya, tanpa bumbu intrik-intrik berbau romantisme, cita-cita, kebahagiaan, kesedihan, dan semuanya.

Ironisnya rasa itu sebenarnya masih mengandung rasa, yaitu kedamaian. Ketenangan dan keheningan jiwa menjadi warna yang menghiasi malam itu, juga hari-hari setelahnya. Saya tak tahu pasti bagaimana rasanya jadi Siddharta saat menjadi Buddha. Mungkinkah perasaaan yang sama? Tapi siapa peduli, toh hidup bergulir sedemikian rupa tak hanya untuk merasa apa-apa yang ada. Akhirnya nirvana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s