Bullshit #2

Apapun yang dapat berlari kencang pasti dapat pula berhenti. Seperti halnya ratapan.

Mungkin karena kita tubuh yang mudah menyerah pada kebosanan, hingga titik kulminasi adalah sebuah kepastian yang cepat atau lambat akan tiba. Saat titik itu tercapai, habislah cerita karena kita tahu kita harus membuat cerita yang baru. Hari sudah larut malam dan pagi akan segera muncul bersama rona jingga matahari pagi. Sudahkah kita bersiap, berdandan, memolesi jiwa untuk yang akan datang?

Usainya sebuah keresahan mungkin bisa juga dijelaskan oleh sebuah kata: menyerah. Ketidaktahanan terhadap situasi dan rasa yang mendera mungkin menjadi alasan. Hari jadi biru karena perasaan bersalah atas apa yang ditoreh di kalender yang telah lalu. Tapi bisa saja alasan itu hanya rekaan agar jari tak menunjuk wajah sendiri sebagai kreator segala nestapa ini. Seringkali kita memang secara tak sadar diajari cara menjadi pengecut.

Tapi sudahlah, lukisan ini harus segera tuntas dipajang dalam pigura yang penuh keabu-abuan, merah darah, dan tetes airmata. Sebagaimanapun sedihnya gambar tersebut, biarlah ia terpasang dalam dinding waktu yang makin menua. Sesekali dalam jejak langkah masa depan, kita bolehlah menengok padanya dan mengenang pada kebusukan yang pernah dibuatkan takdir. Tak ada salahnya menjadi pelaku, korban, sekaligus pengecut yang brengsek.

Dan kereta sudah bergerak secepat kilat menuju entah kemana. Kaki-kaki masih saja mengejarnya sambil wajah menoleh ke belakang. Kita memang sosok yang bimbang dan terombang-ambing, tak pernah berhasil menapak pada keputusan yang tegas. Olehnya demikianlah hidup jadi semacam buku tebal yang tak ada artinya, karena semua yang tertulis adalah omong kosong tentang kebingungan.

Tadinya semua ini ingin berhenti, tapi tiba-tiba bergerak lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s