Tentang Filsafat Itu

Saya bukan orang yang mahir berfilsafat, bukan pula golongan yang betah bertahan lama-lama di teks filsafat. Paling saya hanya tahu Plato, Socrates, dan beberapa nama lain baik asal Yunani maupun bukan. Bagi saya filsafat bukan tentang pengetahuan terhadap filsuf-filsuf asing dari jaman lampau itu beserta pemikirannya. Filsafat buat saya adalah tentang bagaimana kita mempertanyakan sesuatu dalam hidup yang bergulir di depan mata ini.

Namun selaiknya orang yang diborgol dalam universitas, saya sadar bahwa masa terindah dalam mempertanyakan dan berpikir kritis itu adalah saat-saat awal di bangku kuliah. Lebih tepatnya lagi sekitar semester 3 dan 4, saat masih disuapi kuliah teori. Setelahnya saya hanyalah mahasiswa yang menjalani sisa semester tanpa gairah, tanpa kemauan untuk bertanya, hanya menunggu kapan waktu lulus tiba.

Maka saya sedikit terkejut ketika di semester 7 ini saya mendapat lagi gairah itu. Sudah lama saya berpikir lempeng tentang apa-apa dalam hidup ini, menganggap sesuatu biasa karena memang begitu adanya, menerima apa yang terjadi, terlihat, terdengar, terasa, sebagai sesuatu yang memang begitu harusnya. Pada suatu titik yang saya lupa entah kapan, saya merasa butuh menambahkan sedikit filosofi dalam hidup yang kian terasa hambar.

Saya sudah katakan filsafat bukan tentang filsuf dan pemikirannya, bukan tentang teori atau apapun yang dijejalkan dosen dan kuliahnya. Ketika saya merasa perlu lagi untuk berfilosofi sedikit tentang apapun dalam kehidupan,  maka sebenarnya saya merasa ada yang kosong dan hampa, yang sekiranya membutuhkan jawaban, alasan, atau sekedar apalah yang dapat mengisinya. Olehnya saya bertanya. Saya pun menjawab sendiri.

Tentang apa yang membuat saya merasa jenuh dan bosan dengan kehampaan itu lalu merasa penting untuk berfilosofi, saya lupa sebab dan momen yang melahirkannya. Di titik itu saya tiba-tiba merenungi sejenak tentang apa yang sudah dan sedang berlalu, saya merasa seperti robot yang patuh pada remote, saya ingin mencari lagi apa arti semua ini. Saya mulai lagi membaca, berpikir, menulis. Tentu dalam format yang santai, ringan, sederhana, dan kadang tolol.

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s