Bullshit

Apa yang sedang kita lakukan di dunia ini? Mengerjakan suruhan orang lain, mengatasnamakan takdir, melumuri diri dengan hasrat dan cita-cita yang dipengaruhi lingkungan, mencoba menjadi diri sendiri tapi selalu gagal secara sempurna melakukannya, mengamati omong kosong yang makin lama makin terlihat manis dan perlahan melekat sebagai jati diri. Kita ini manusia atau seonggok sampah tak ada arti?

Kita memang bukan sampah, dan kita bukan tak berarti. Kita adalah keharuman yang dipaksakan demi berbagai alasan yang kebanyakan hanya demi cocok hidup di pergaulan yang sesat. Kita pun bermakna, setidaknya bagi tiap orang yang merasa diuntungkan entah secara materil maupun non materil. Olehnya kita mengarang citra, menuliskan deskripsi asing tentang diri sendiri. Kita adalah lukisan yang jelek.

Hanya kejelekan itu kadang tak terperhatikan dan disulap dengan kata-kata cantik demi menghindari apa yang asli dan esensial. Toh kita bisa mengubah raut muka dengan cat tebal menghias pelipis mata hingga pipi, hingga bibir, hingga hati, jiwa, bahkan alat kelamin. Demi riasan untuk orang lain itu kita merancang diri dalam balutan kemodisan yang banal. Bukankah kita hanya orang tolol yang termakan iklan?

Televisi dan majalah memang sedang jahat-jahatnya. Disulapnya kita jadi badut yang berjalan, yang menampilkan segala bentuk kepalsuan yang makin malam makin terlihat reot. Perjalanan menjadi diri sendiri nyatanya selalu dirintangi batu tajam bernama orang lain, pabrik, gambar warna-warni di reklame, ikon yang diidolai, atau bahkan keinginan untuk tak mau dipengaruhi itu semua. Lalu kita apa?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s