Tali Kekang

Saya selalu percaya bahwa tiap pria (juga perempuan — agar tak terasa patriarkis) adalah kuda liar dengan sejuta fantasi, hasrat, mimpi, dan omong kosong. Tapi hidup bukan hanya soal kebebasan bermimpi. Ia juga menyediakan sekat yang memenjara. Sang kuda liar harus diikat dengan tali kekang, diatur sedemikian rupa agar bisa bermartabat, agar bisa layak hidup di tengah sosieta. Demikian kuda-kuda itu perlahan mati dalam sistem.

Tapi kadang sistem pula yang melahirkan kuda-kuda itu kembali. Kegerahan akan ikatan membuat kita merasa pantas untuk mencari udara bebas, mencari apa yang disamarkan oleh sistem. Kita pergi ke ruang bebas dan menghirupnya, menghidupkan fantasi, mimpi, dan hasrat yang lama terkubur dalam nisan tak bernama. Namun kita lalu harus memilih: kembali ke sistem yang mengekang atau menjadi kuda yang liar?

Pilihan itu mengandung kompleksitas yang rumit. Kita hampir tak mungkin keluar sistem. Tapi menjadi sesuatu yang liar adalah hakikat diri yang juga tak bisa ditolak. Kita pun jadi makhluk yang bimbang, yang hidup di jembatan yang hampir putus. Dan, kita terombang-ambing dalam penyesalan akan pilihan yang tak diambil, apapun pilihan yang diambil. Menyesal? Itu keniscayaan lain dari menjadi manusia.

Tapi biarlah, kita timpakan saja kesialan atas nama takdir agar sesal tak menjadi gunung yang meledak. Hari-hari pun terhias dengan kemolekan yang menipu. Kita terkekang oleh tali-tali tanggung jawab, oleh sekat-sekat obligasi. Berulang kali kita berontak, tali makin kencang pula menarik. Leher kita nyaris putus di tengah perjuangan menjadi bebas kembali. Kita pun tersadar bahwa saat bebas nanti kita telah mati.

Mungkin dalam keresahan itu, saya ingin meresapi sepotong tanya yang pernah dinyanyikan Robert Nesta Marley:¬†are you satisfied with the life you’re living?

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s