Tukang Becak

Pada suatu siang yang terik saya berjalan tak jelas arah tujuan di jalanan Yogyakarta. Tak ada nama jalan yang saya ingat, kecuali suatu ruas bernama Senopati. Di pinggiran jalan itu, saya melintasi beberapa tukang becak yang menawarkan jasa yang saya tolak dengan halus sambil tersenyum. Tapi saya tetap memikirkan tentang tukang becak itu. Kebanyakan pria tua yang tampak sudah terlalu reyot untuk mengayuh becak.

Kenapa orang serenta itu masih mengembara di jalanan kota sambil mengayuh pedal dan mengantar beban bernama penumpang ke tujuannya? Tak ada alasan yang lebih masuk akal dibanding alasan bahwa mereka, tukang becak itu, memang mencintai kerja mereka, menganggapnya sebagai tujuan hidup, sebagai garis hidup yang memang telah dititahkan takdir. Tak peduli posisi sosial pekerjaan mereka di mata orang. Mereka mencintai itu.

Terkadang kita memang lupa bahwa pekerjaan bukan hanya tentang jumlah gaji yang masuk rekening tiap bulan. Kerja bukan pula tentang gengsi yang bisa kau pamerkan di hadapan teman-teman. Pekerjaan adalah tentang mencintai, melakukan suatu aktivitas dengan tidak terpaksa, dengan ketulusan, dan seberapapun memenjaranya, setidaknya kita tak merasa jadi narapidana.

Mungkin ada alasan lain memang di balik pilihan tukang-tukang becak di Jalan Senopati itu tetap mengayuh kendaraannya. Mungkin mereka memang butuh uang dan mau tak mau mencarinya dengan satu-satunya talenta yang mereka punya. Tapi toh saya tak ingin menengok ke perspektif itu. Saya ingin tetap teguh pada pemikiran bahwa mereka mengayuh becak di siang yang terik itu karena mereka mencintai becak dan pekerjaan itu. Itu saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s