Sepasang Garis Rel

“Dua garis rel itu, seperti kau dan aku,
hanya bersama tapi tak bertemu
Bagai balok-balok bantalan tangan kita bertautan,
terlalu berat menahan beban
Di persimpangan kau akan bertemu garis lain,
begitu pula aku
Kau akan jadi kemarin,
kukenang sebagai pengantar esokku”

Kita tahu waktu adalah semacam kawan yang jujur. Ia memberitakan apa saja perintah takdir dengan lantang, tegas, tanpa kegentaran sekalipun. Tak seperti aku yang melulu diam dalam kegetiran, kepiluan, dan segala ketakutan yang dibuat sendiri entah demi apa. Dengannya kita menjadi sepasang garis rel dalam sajak Sitok Srengenge.

Tak salah memang merenungi apa yang telah lalu, karena seperti seorang asing pernah menulis, hidup sering menjadi sebuah usaha melawan kenangan dan kita kerap dipaksa menyerah kalah sebelum memulai. Aku sendiri tak tahu harus seperti apa memaknai kotak memori masa silam itu, bahkan aku takut meringkusnya ke dalam interpretasi. Karenanya kita menjadi sepasang garis rel dalam sajak Sitok Srengenge.

Lalu bagaimana dengan masa ini, sekarang, masa yang sedang terinjak? Adalah matahari yang baik sehingga olehnya pagi boleh terbit dan malam boleh larut dalam gelap. Kita, aku khususnya, tak harus menjadi semacam mesin yang terus meratap. Hari bisa diisi dengan ilusi, malam dihias dengan mimpi. Ya, biarlah, kita memang sepasang garis rel dalam sajak Sitok Srengenge.

Hari esok adalah ketakutan yang lain. Mungkin sebuah ketakutan terbesar dalam hidup serba takut ini. Apa yang tampak di depan adalah samar yang tak terusirkan, abu-abu yang menyesatkan. Aku coba meraba, melubangi malam, lalu mengintip pagi. Aku tak tahu adakah kau disana sebagai imaji atau realiti? Tak apalah bila kita benar sepasang garis rel dalam sajak Sitok Srengenge.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s