Konsumsi

Kita memang telah begitu terjebak dalam arus deras untuk membeli. Semua hal berkaitan dengan citra diri dan posisi sosial harus diambil, harus dibayar, harus direnggut dari supermarket dan terjejal di tubuh tengik kita manusia.

Omong kosong soal tren dan keren toh nyatanya memang sebuah keniscayaan yang harus digeluti, hari demi hari, mal demi mal, macet demi macet. Tak peduli seberapa tinggi rupiah yang dibuang, harga diri nomor satu.

Tapi kadang kita lupa, bahwa harga diri bukanlah semacam jeans atau sepatu yang sedang tren, juga bukan mobil sedan keluaran paling gres, bukan pula gadget kotak yang bercahaya dan bising.

Harga diri adalah sesuatu yang lebih dari itu semua. Ia tumbuh dari ketegasan untuk memilih dan untuk memelihara pilihan itu. Bukan sekedar terseret-seret omong kosong bikinan televisi. Harga diri adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Bukan dibeli.

Membeli dan menaruh ganti rugi berupa uang kertas bergambar pahlawan memang semacam takdir yang tak dapat ditolak. Bersama konsumsi itu kita tak pernah sadar dan diajari untuk buta tentang butuh dan ingin. Tapi tak masalah karena butuh dan ingin sama-sama sebuah hasrat, tak ada bedanya sebenarnya.

Hanya sayangnya dalam mengingini dan membutuhkan kita selalu luput berpijak pada kaki sendiri. Selalu saja tergoyang angin. Hingga akhirnya kita membeli apa yang tak dibutuhkan dan tak diinginkan.

Problem tambah pelik tatkala semakin lama arus tadi tak terbendung, menenggelamkan semua dalam keabu-abuan. Hingga peduli tak lagi penting. Konsumsi sampai mati.

Properti dan hiasan demi citra dan posisi tadi menumpuk menjadi semacam bukit yang tak jelas. Kita melihatnya dalam keheranan. Ternyata selama ini kita membeli sampah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s