1 / 9

Ah waktu berlalu cepat. Basi memang. Tapi begitu adanya. Hari yang masih sangat muda, 1 September 2012, pikiran mau tak mau melanglang tepat ke 3 tahun silam. Tanggal yang persis. Saat itu Tuhan dan semesta sedang membuat lelucon yang lucu, sarkas, kasar.

Namun lelucon itu toh memang mesti tertoreh. Tak ada pilihan. Yang sisa hanyalah segelintir asa dan cita untuk memaknai lelucon itu sebagai rencana Tuhan yang terindah. Tapi toh itu hanya dalih yang dibuat reliji. Lelucon tetaplah lelucon.

Tapi di tanggal ini, saya tak ingin mengumpat lebih. Saya takut lebih sarkas dan lebih biadab dari hidup. Jadi cemooh habis disini. Saya hanya ingin mengenang sejenak tanggal ini tiga tahun lalu. Dari pagi hingga malam.

Saya persis ingat tiap detil hari itu. Hari kedua jadi mahasiswa, membuat nametag ospek jurusan di pagi hari yang aneh, kuliah antropologi tentang Toraja, masuk kelas study skills diajar dosen berkepala plontos. Di akhir kuliah itu kabar terburuk sampai.

Kaki gemetar. Dunia seakan berhenti disitu. Setelahnya hingga malam adalah melodi terburuk yang pernah dimainkan hidup ini bagi saya.

Tiga tahun berselang, hari ini, saya tak punya apa-apa. Saya hanya ingin menengok ke sajak tua yang ditulis seorang perempuan entah asal mana ia, atau kapan sajak itu dibuat. Tak pentinglah.

Do not stand at my grave and weep
I am not there, I do not sleep
I am a thousand winds that blow
I am the diamond glints on snow
I am the sunlight on ripened grain
I am the gentle Autumn rain

When you awaken in the morning’s hush
I am the swift uplifting rush
Of quite birds in circled flight
I am the soft stars that shine at night
Do not stand at my grave and cry
I am not there, I did not die

–Mary Elizabeth Frye–

Semoga sajak ini lebih bisa menghibur. Dibanding dalih-dalih yang ditawarkan agama, Tuhan, atau kehidupan. Ah saya mengumpat lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s