Balada

Hidup adalah semacam balada. Balada yang panjang dan seakan tak punya akhir. Memang sesekali ada semacam cahaya yang menyegarkan, tapi jalan sengsara terlalu panjang dan lebar, cahaya tak punya arti. Beruntung memang bagi orang-orang yang mampu menikmati kehidupan seutuhnya, menganggapnya sebagai permainan, menganggap balada itu hanya seperti lagu melankolis yang sesekali boleh untuk terlantun. Tapi hidup ini tetap balada. Paling tidak saat ini. Bagi saya. Orang yang main-main dengan hidup.

Petir itu terhentak begitu saja di siang yang bolong. Kata-kata habis detik itu juga. Deskripsi tak mampu memberi arti. Yang sisa seperti biasa hanyalah kegetiran, yang tak kunjung sembuh. Paling tidak hingga detik ini. Hidup enggan matipun tak mau. Rasanya seperti itu. Dunia seakan berubah. Jalan yang terbentang di depan takkan lagi sama. Warna langit serasa berubah, daun tampak tak lagi hijau, matahari tiba-tiba luntur. Semua serba salah. Semua berbeda.

Tapi kaki harus tetap melangkah, bukan? Selicin apapun jalan yang harus diinjak tak bisa membiarkan petir menjadikan kita semacam patung yang tolol, yang hanya termangu, bisu, dan menatap penuh ratap pada  suatu yang tak dipercayainya, sesuatu yang tak diharapkannya. Percayalah bahwa waktu itu baik, karena ia selalu memberi kita sesuatu. Termasuk rasanya menjadi lagu ballad yang mendayu-dayu, yang resah, yang sedih, yang patah hati.

Dan jalan balada hidup itu masih sangat sangat panjang. Langkah harus terayun. Sayangnya kaki masih gemetar, bahkan untuk sebuah gerakan yang sederhana, yang sudah diajarkan sejak jaman kencing belum lurus. Kekakuan yang bergetar lalu muncul dari balik senyum yang mengembang, dari tawa yang pura-pura, dari alasan yang dibuat-buat untuk lari dari kepedihan. Tubuh lalu berbalik dan membentuk gerakan duduk. Diam. Hanya kepala menggeleng.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s