Puisi dan Perempuan

Puisi adalah tempat kejujuran menemukan rumahnya. Kejujuran yang tulus, yang polos. Ia adalah muara dari segala kesesakan, segala lara, segala airmata. Ia juga tempat tawa ria dan suka cita tumpah. John Keating, tokoh utama dalam film Dead Poet Society, menyebut bahwa kita membaca dan menulis puisi karena kita adalah manusia dan manusia pasti memiliki gairah, memiliki hasrat.

Gairah tersebut beragam pada tiap orang, pada tiap suasana, pada tiap pengalaman. Oleh karena itulah kita menulis puisi tentang cinta yang koyak, tentang gunung dan laut, tentang debu jalanan, tentang segelas kopi, tentang kamar yang berantakan, tentang musim gugur, tentang sepotong bulan, tentang ayah dan ibu, tentang teman dan musuh, tentang sepakbola, tentang hidup dan mati, tentang masa lalu dan masa depan. Juga tentang perempuan.

Bagi seorang laki-laki yang menulis puisi, perempuan adalah subyek yang pasti pernah dituliskan dalam puisi-puisinya. Mungkin tentang sosok paling dicintai yang ia namai ibu. Mungkin juga tentang nenek, tentang adik perempuan, tentang kekasih, tentang ibu pedagang ikan di suatu kota asing, tentang sosok di layar kaca yang memesona, atau tentang perempuan yang tak pernah ada. Dan pasti juga tentang perempuan yang ia anggap jodohnya.

Untuk yang terakhir disebutkan mungkin bisa menjadi semacam patokan. Jika seorang laki-laki telah berulang kali menulis puisi tentang perempuan yang sama, baik itu puisi yang riang maupun puisi yang getir, berarti perempuan itu bukan perempuan biasa bagi dirinya. Mungkin perempuan itu telah dituliskan sebagai malaikat yang kehilangan sayapnya dan tersesat di bumi. Mungkin juga digambarkan dengan metafor-metafor yang hiperbol. Tapi tetap jujur.

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s