Noisy Neighbours

Manchester City adalah fenomena sepakbola belakangan ini. Gelontoran uang tanpa batas dari pengusaha Arab membuat klub rival sekota Manchester United ini yang tadinya hanya klub semenjana merangkak pelan menjadi klub yang ditakuti. City membuktikan bahwa ambisi mereka untuk menaklukkan dunia bukanlah pepesan kosong. Musim ini mereka mengalahkan tetangga mereka lewat sebuah perjuangan yang dramatik.

Adalah gol emas Kun Aguero yang memastikan City meraih titel juara Inggris tahun ini. City sempat membuat United menjadi juara Inggris, tapi hanya selama dua menit. Menit berikutnya adalah keajaiban. Pemain, ofisial, dan fans berbaur dalam lapangan untuk berpesta bersama. Kebahagiaan tumpah ruah dalam deskripsi yang sulit untuk dideskripsikan. Terlepas dari tanggapan minor tentang City, keberhasilan mereka adalah sebuah kelayakan.

Malam itu, malam saat City juara begitu luar biasa. Bukan, saya bukan fans mereka, dan takkan pernah. Tapi saya kagum dengan cara mereka menang. Indah, dramatik, dan abadi. Saat Aguero mencipta gol bersejarah itu, tanpa sadar tangan saya mengetik “MY GOD, FOOTBALL IS AMAZING” di dunia kicau. Ya, saya menulis kalimat itu seluruhnya dalam huruf kapital. Sepakbola begitu luar biasa. Luar biasa.

Saya lalu mengingat masa sembilan bulan sebelum gol Aguero lahir. Saya sedang di atas kapal, di tengah malam yang begitu dingin, di tengah lautan. Kala itu saya dari Bali dan hendak menuju Lombok. Saya duduk sendirian di atas dek kapal bersama puluhan orang lain. Televisi di kapal itu menyiarkan pertandingan antara Manchester City dan Swansea. Itu pertandingan pertama City musim ini. City menang telak 4-0. Aguero mencetak dua gol.

Rupanya setelah kemenangan itu mereka menikmati musim yang fantastik. Sempat tersusul United, City akhirnya tersenyum paling akhir. Lebih getir lagi bagi United karena poin mereka sebenarnya sama dengan City, hanya kalah selisih gol. Sebuah spanduk di Etihad saat City mengalahkan United pada pekan 36 akhirnya menegaskan segalanya. Spanduk itu bertuliskan “the noisy neighbours are getting louder, Alex.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s