Melankolia

Adalah sebuah anomali jika kerinduan akan seseorang pecah di siang yang begitu panas, begitu pengap, begitu sesak. Biasa rindu hadir dalam balutan gelap malam atau rintik hujan yang jatuh memecahkan sunyi. Jika ia mampu hadir dalam terang yang menyala-nyala, apakah artinya? Mungkinkah ia terlalu besar, terlalu megah, hingga waktu dan suasana tak lagi punya arti?

Mungkin tadi malam menyimpan jawab. Saat kaki menuju suatu tempat di sudut kampus yang mau tak mau mengarahkan mata ke seberang, ke tempat lain, ke bangunan lain di pinggir jalan kecil yang memisahkan dua disiplin yang berbeda, memisahkan dua logika berpikir yang berbeda, memisahkan seseorang dengan orang lain yang dirindukannya, yang tak bisa ia sentuh, tak bisa ia tatap, tak bisa ia raih. Seseorang itu tersenyum getir menatap langit malam.

Dan rasa yang mencekam itu tak kunjung habis, bahkan setelah gelap malam berganti terang siang. Rasa itu masih mendekap erat, begitu mencekik, begitu menyesakkan dada. Mungkin hanyalah sepotong sastra Hemingway yang sanggup mengalihkan, tapi toh itu hanya sementara, sebelum ia datang lagi dengan brutalnya. Kemudian yang terjadi adalah ketikan-ketikan ini, yang mungkin sanggup menyembuhkan kepiluan.

Tapi dunia masa kini begitu baik meski kadang ia juga pongah. Ia sanggup mengantarkan kita di sudut rumah ke tempat lain di seberang lautan, saat seseorang melempar senyum entah kemana, senyum yang begitu bahagia. Rambutnya tergerai terkibas angin pesisir, berantakan memang, tapi ia begitu lepas, begitu bebas, begitu alami. Mengingatkan pada sosok ibu yang di suatu pantai sedang tersenyum juga, rambut gelombangnya pun terayun angin.

Masihkah kita ada kesempatan?

 

PS: Judul diatas jelas mencontek sebuah judul lagu Efek Rumah Kaca, sementara kalimat terakhir adalah sepenggal lirik Payung Teduh di salah satu lagunya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s