Runyam

Rasanya kepala ini mau meledak. Mungkin dalam artian sebenarnya. Mungkin berlebihan. Tapi sumpah, ada semacam rangsangan yang rasanya sanggup memecahkan kepala menjadi puing-puing kecil tak berarti. Entah apa yang membuatnya ingin meletus. Saya duga tumpukan tanggung jawab yang datang serentak, tanpa ketuk pintu, masuk merangsek begitu saja, tanpa tahu isinya sudah penuh terisi. Jadilah seperti saat ini.

Akumulasi obligasi menghilangkan seni pada kehidupan. Jadilah tubuh seakan menjadi robot yang patuh pada remote control. Semua pikiran tertuju pada tugas seabrek itu. Mungkin tak benar-benar banyak, hanya saya tak terbiasa mengerjakan dua hal atau lebih dalam satu waktu. Pernah melakukan itu, cuma tak menyukainya. Dengan itu semua saya merasa ada yang hilang. Seperti kenyamanan menulis dan membaca buku. Rasanya tak tenang.

Ketidaktenangan itu jelas muncul dari belum tuntasnya tumpukan tanggung jawab itu. Menulis jadi tak dapat mengalir seperti air, membaca jadi tak fokus pada kata di depan mata. Seperti ada suruhan yang melarang untuk menulis dan membaca sebelum tugas selesai. Tentu tak hanya baca tulis, tapi juga hobi-hobi lain yang sering menjejaki waktu-waktu yang luang. Mungkin ini rasanya jadi buruh.

Tapi setidaknya saya terbiasa mengajari diri saya untuk belajar pada apapun. Termasuk pada pengalaman ini. Pengalaman yang mengajarkan bahwa tidak melakukan apa-apa adalah segalanya. Mengingatkan saya pada suatu adegan di film Eat, Pray, Love yang menyebut frasa “the art of doing nothing”. Saya lupa keseluruhan adegan itu, hanya frasa itu saja yang masih menempel. Kini ia muncul dalam segala kerunyaman ini. Mari lari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s