30

Semua yang bermula pasti punya akhir.

Malam tadi penantian panjang Juventini di seluruh dunia habis sudah. Enam tahun tak menggapai puncak singgasana Serie A terbayar dengan gelar juara Italia ketiga puluh. Di Trieste, sejarah melukis dirinya sendiri. Nyonya Tua yang beberapa tahun belakangan terjerembab dalam keterpurukan, telah kembali cantik mempesona. Ia kembali dengan sinar yang benderang. Perisai Italia direbut dari musuh rossoneri. Bintang tiga tersemat di atas lambang klub.

Adalah sebuah kewajaran jika ditemukan Juventini yang menangis tadi malam. Melihat pemandangan di atas lapangan Nereo Rocco pasca wasit meniup peluit akhir memang sungguh menyentuh hati dan jiwa para Juventino. Seakan semua duka lara tumpas. Penderitaan tandas. Pembalasan terbalas sempurna. Juve jadi raja Italia lagi seperti habit aslinya. Turun ke Serie B oleh skandal curang bikinan Moratti tak mengandaskan Juve ke jurang terbawah. Juve kembali.

Penampilan impresif sepanjang musim terbayar dengan indah dan dramatik di pekan ke tiga puluh tujuh saat selisih poin dengan Milan baru terpangkas menjadi satu poin lagi. Tidak pernah kalah di semua ajang, rekor kebobolan paling minim di Eropa, dan ball possession yang baik adalah catatan suci Juve dalam perjalanannya merengkuh mahkota. Mahkota berbintang tiga yang semuanya diraih mati-matian di atas lapangan. Bukan pengadilan.

Malam itu di Italia (dan di belahan dunia lain) seluruh Juventini berpesta, dengan tawa, dengan airmata. Kata-kata pada akhirnya tak sanggup menggambarkan suasana di Stadion Nereo Rocco tadi. Ribuan fans turun ke lapangan, mengerubungi pemain, dan sama-sama menyanyikan “campione campione campione.” Yang sisa bagi mereka yang menyaksikan dari layar kaca hanyalah haru. Haru yang sekali lagi tak bisa dilukis dengan kata, hingga akhirnya kata habis disini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s