Penipu

Kita, saya, kamu, manusia, semuanya penipu. Menipu dan ditipu. Memasang topeng dengan bibir merah, dengan mata melotot tajam, dengan rambut tersisir rapih, dengan luaran yang enak dipandang, dengan kata-kata yang telah dirancang demi alasan etika dan omong kosong bernama sopan santun. Kita berjalan, berlari, berbicara, mendengar, menulis, bergaya, makan, bahkan mungkin bernafas dengan dasar rancangan tanpa nama yang tak jelas asal muasal.

Sayangnya selain menipu kita ditipu juga, saking bodohnya, saking tololnya, saking sibuknya menipu. Melihat orang lain berjalan dengan gontai tak jelas, memandangi bibir yang bosan mengecap bunyi, memperhatikan cara orang berdandan memoles kaki hingga rambut dengan minyak demi tampak enak dipandang orang lain. Mungkin kita melihat apa yang tak terlihat, tapi apa guna. Toh, kita sama.

Sadar sejak lama saya pun tetap berdosa, menipu. Dan tetap dungu, tertipu. Tipu menipu itu seakan telah jadi konsensus yang tak perlu diperdebatkan, tak lagi dosa, tak lagi masalah besar yang mesti dicaci-maki. Mungkin kesepakatan itu lahir dari kesadaran akan ketidakmampuan untuk tidak bertopeng dan dari kebiasaan untuk terus ditipu tiap waktu. Hidup penuh gincu ini berjalan seperti kereta yang berjalan mengikuti relnya. Lurus, lancar, membosankan.

Saking bosannya ada selalu segelintir orang yang atas nama ketidakmunafikkan dan warna warni mencoba menabrak segala tipu daya. Mereka tampil blak-blakan dengan mulut penuh kejujuran yang menyakitkan. Mereka memakai kulit mereka yang legam terbakar matahari yang cuek memanasi dunia yang absurd. Mereka mengutuki kehidupan yang ditopengi dengan senyum manis dan ditempeli stiker stereotipe. Tapi mereka toh juga sedang menipu. Dan tertipu.

 

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s