Cita-cita

Di ruang kelas pengganti di pagi yang dingin dan malas, saya menengok jendela. Seperti biasa. Mencoba mencari pencerahan di tengah sumpek. Mencoba mencari cahaya dalam gelap. Mencoba mencari warna langit, mencoba mengkhayal, mencoba lari dari realiti. Saya memikirkan tentang apa yang ada di balik waktu. Saya berpikir akan jadi apa orang-orang di kelas tersebut pada masa depan.

Saya lalu membayangkan bahwa di ruang kelas yang perlahan beku itu terdapat pemimpi-pemimpi. Kita semua. Kita sedang berjalan menuju mimpi-mimpi yang kita gantung di ujung pelangi. Seperti halnya tradisi di Eropa menjelang Natal, dimana anak-anak menggantung kaus kaki berharap hadiah dari Santaklaus. Demikianlah kita. Kita rupanya sedang mampir sejenak di ruang kelas, mencoba mencari bekal dalam perjalanan, yang entah dimana akhirnya.

Ada yang punya mimpi bersekolah di Jerman, ada yang ingin melihat Paris, ada yang mau jadi guru bagi anak-anak pedalaman Papua, ada yang ingin cepat kawin, ada yang ingin terlalu banyak hingga bingung menentukan prioritas. Semuanya berbeda. Semua cita-cita itu seolah jadi marka jalan yang menuntun langkah-langkah kaki. Atau bisa jadi tanda jalan itu justru menyesatkan, menjauhkan kita dari tujuan yang sebenarnya dituju.

Bicara soal cita-cita, saya ingat dialog di awal film Before Sunrise. Kita semua seringkali menjadi penipu, kita merubah cita-cita kita yang sejati menjadi mesin pencetak uang. Demikianlah diungkapkan si gadis Prancis yang diperankan Julie Deply. Tapi saya tak tahu apakah orang-orang dalam kelas tadi penipu atau bukan. Jadi penipu pun tak terlalu masalah sebenarnya, asal jadi penipu yang ulung, demikian guru sejarah saya di SMP pernah menasihati.

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s