Remang

Malam ini saya merasa mata lelah sekali. Ingin dipejam, butuh rehat. Sinar matahari siang terlalu menyilaukan. Cahaya lampu kantin kampus juga terasa menyakitkan. Belum lagi lampu-lampu motor dan mobil yang bersliweran melewati sepanjang perjalanan. Lelah. Seperti butuh tidur. Namun rupanya tubuh masih belum selelah mata. Terpaksa teks ini dibentuk dengan kelelahan di dalam keremangan kamar.

Lampu kamar saya memang sedang konslet. Seperti lampu disko, kedap kedip tak beraturan. Jadi lebih baik tanpa lampu. Hanya disinari cahaya layar laptop. Rupanya keremangan memang menghadirkan sesuatu yang beda. Tak terlampau lelah meski di hadapan monitor. Remang memang menghadirkan ketenangan saat cahaya terlampau melelahkan, menyilaukan. Mungkin teori ini pas dalam berbagai hal lain dalam hidup. Ingin mencoba sok filosofis di dalam remang ini. Seperti biasa.

Teringat tadi siang dosen mengajarkan tentang agama Baduy. Kuliahnya membawa pikiran saya pergi jauh ke Kanekes, kembali ke masa lalu. Memori soal perjalanan ke Baduy kembali mengapung dalam ingatan. Nostalgik. Tapi selain sangat mengundang nostalgia, kuliah tersebut memang sangat bergairah, penuh api. Sangat mencerahkan. Sangat menyesatkan. Nihilis sekali.

Seolah merangkul orang-orang mempertanyakan agama yang sedang dianutnya dan kritis terhadap iman. Mencoba berpikir dengan cara lain yang mungkin sama sekali berbeda dengan nilai-nilai yang selama ini dipegang. Mendorong menuju cahaya sekaligus menunjukkan jalan menuju remang. Namun hati-hati selalu perlu. Yang bercahaya kadang terlalu menyilaukan, sementara yang remang penuh jebakan dan ketidakpastian.

Pilihannya selalu ada di kita. Kita sebagai manusia bebas yang punya kehendak absolut atas diri sendiri, meski sedang dalam rute menuju jatidiri. Kita bisa saja memilih tinggal dalam cahaya. Yang terang, jelas, penuh kepastian, namun suatu waktu diganggu silau. Kita juga bisa hidup dalam remang. Tak jelas, tak pasti, penuh keraguan, namun kadang mencurahkan tenang yang tak ada dalam cahaya. Kita memilih.

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s