Lagu

Sebuah lagu dan sebuah perjalanan kadang jadi teman akrab yang tak terpisah hingga waktu yang lama. Sebuah lagu kadang menjadi pengingat, penjaga memori akan sebuah petualangan di suatu waktu, di suatu tempat. Maksudnya disini adalah, ketika saya mendengar suatu lagu tertentu, lagu itu mengantar saya ke bayangan akan perjalanan yang saya lakukan beberapa waktu sebelumnya.

Setiap kali mendengar lagu milik Zivilia berjudul Aishiteru, saya teringat saat saya menghabiskan hari-hari di Bone-bone. Penyebabnya lagu itu adalah backsound winning eleven yang dimainkan sepupu saya sepanjang saat hingga terekam terus di telinga saya. Meski saya akui lagu itu agak norak, saya tak bisa bohong lagu itu berkesan. Bukan isinya, bukan iramanya, tapi fungsinya sebagai reminder.

Lagu lain adalah milik Bondan Prakoso berjudul Kita Selamanya. Lagu itu mengingatkan saya akan perjalanan ke Baduy, disamping lagu lain yaitu Copacabana. Lagu Bondan itu menjadi lagu terakhir yang menghiasi mobil minibus yang memulangkan rombongan perjalanan Baduy kembali ke Jakarta. Liriknya sungguh berkesan dan pas menjadi pemisah kami yang baru kenal dua hari tapi merasa dekat karena petualangan.

Selain lagu, film mungkin bisa juga mewakili fungsi yang sama. Tiap melihat judul film Shutter Island, saya teringat saat di Gresik menonton film tersebut. Juga film Six Days and Seven Nights yang mengingatkan momen di Rantepao. Buku mungkin bisa juga jadi pengingat. Saya mengingat perjalanan di Kupang sebagai tempat menyelesaikan buku 100 halaman tentang Emile Durkheim, salah satu raksasa sosiologi.

Saya pun teringat membaca buku Siddharta karya Hermann Hesse sambil melakukan perjalanan ke berbagai tempat: Cepu, Surabaya, Kupang, Makassar, Toraja, Bone-bone. Meski saya menuntaskannya di suatu sore di teras rumah. Lagu dan film, atau mungkin buku dan hal lainnya memang bisa jadi teman yang baik bagi sebuah perjalanan. Mereka mungkin berjauhan, tapi saling memberi arti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s