Marx

Bapak komunis dunia, berambut urakan, berjenggot khas, berpikir dengan sungguh-sungguh untuk menyetarakan manusia. Karl Marx, seorang Jerman yang namanya malang melintang di berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Ia juga dikenal sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh yang memiliki banyak pengikut dan pengagum. Mungkin ia seperti nabi, bahkan Tuhan bagi sebagian orang.

Sebagai mahasiswa yang juga dicekoki pemikirannya, saya terkagum sekaligus kasihan. Kagum atas caranya menempatkan diri untuk berpihak pada kaum-kaum yang marjinal. Kagum juga atas usahanya untuk menjadikan ilmu sebagai cara mendobrak kekuasaan, bukan sekedar ilmu yang diajari dan diam kekal di ruang kuliah. Tapi saya juga agak kasihan.

Kasihan pada diri sendiri karena harus mempelajari keruwetan pemikirannya yang berat. Dan kasihan pada Marx sendiri yang terlalu utopis mengharapkan suatu masyarakat tanpa kelas. Sebuah mimpi yang tampaknya hanya tersandar dalam tidur tanpa pernah loncat ke realitas. Tapi rasa iba  itu toh tak seberapa besarnya dibanding rasa iba Marx terhadap mereka yang tertindas dan diinjak-injak oleh kapitalisme.

Bicara tentang beratnya pemikiran Marx, seorang dosen memang mengakuinya dan mengatakan bahwa untuk dapat mencerna pikirannya kita harus pernah merasakan hidup miskin, hidup tertindas. Marx sendiri memang hidup susah. Mungkin karena itulah ia dapat memahami kaum proletar yang dibelanya dan yang memujanya. Ia dapat masuk menyelami kehidupan mereka dan memikiran cara untuk mendobrak sistem yang berkuasa. Meski tak mudah direalisasikan.

Entah sampai kapan cita-cita Marx dapat terwujud merata di tiap belahan dunia. Beberapa negara pernah merasakan tata cara bernegara yang diimpikan Marx, meski tetap tak sempurna. Selain itu, banyak sekali tokoh-tokoh dunia yang membacanya dan kagum. Salah satunya adalah Soekarno, bapak negara yang memodifikasi Marxisme menjadi Marhaenisme. Meski cita-cita Marx urung terwujud, setidaknya ia bermimpi. Dan mimpi itulah yang kadang membuat orang bertahan hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s