Penumpang

Pagi ini saya bangun dan diingatkan tentang satu lagi pesan tentang kehidupan. Dalam hidup ini kita hanyalah penumpang. Kita harusnya tak terlalu cerewet, tak terlalu banyak mengeluh, tak terlalu rewel. Salah-salah kita diturunkan di tengah jalan. Bahkan mungkin dilempar langsung ke kedalaman jurang yang lengang. Kita harusnya tahu dan sadar, sebagai penumpang kita tak punya apa-apa. Tak punya apa-apa.

Kita memang membayar ongkos sebuah perjalanan. Kita mungkin punya hal-hal lain yang bisa dipertukarkan kepada sang supir. Tapi itu tak ada artinya. Kita tetap tak punya apa-apa. Pada posisi itu, sang supirlah yang berkuasa mutlak. Karena telah membayar, kita mungkin punya hak untuk protes dan berisik. Tapi, sekali lagi, ingat bahwa kita tak boleh keterlaluan. Hak kita tetap dibatasi kekuasaan penuh sang supir, bukannya berbatas langit tinggi nan kosong.

Dalam keadaan miskin tak punya apapun itu kita memang hanya perlu percaya sepenuhnya pada supir. Yakin dan pasrahkan semuanya kepada supir, percaya bahwa ia akan sampaikan kita di tempat tujuan dengan selamat tanpa kekurangan satu helaipun rambut. Jika sudah siap turun, kita harusnya tak lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada sang supir atas semuanya.

Ya begitulah. Sekali lagi saya ingatkan: kita punya hak untuk kecewa, rewel, dan protes, tapi tetap tak boleh lupa kita tak punya apa-apa. Jadilah penumpang yang baik, yang percaya penuh pada supir, meski kadang sang supir tampak mengecewakan, meski kadang sang supir tampak tak peduli. Yakini bahwa kita akan dihantar di tempat tujuan dengan selamat.

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s