Investasi

Kata sebuah tweet “traveling bukanlah pemborosan”. Saya tak tahu arah kata-kata tersebut. Mungkin penciptanya ingin memberi tahu bahwa jalan-jalan bukan sekedar membuang-buang uang yang ironisnya didapat dengan banting tulang. Ia mungkin ingin bilang bahwa jalan-jalan itu cara untuk berinvestasi, bukan sekedar duduk di pinggir lautan sambil menatap sunset. Mungkin ia benar.

Bagaimana berinvestasi lewat traveling? Saya bingung. Tapi saya lalu ingat tentang sekolah. Ada yang mengatakan bahwa sekolah adalah investasi. Orang disekolahkan, kadang dengan biaya mahal, untuk nantinya dapat menghasilkan lebih banyak dari uang yang dibayarkan ke sekolah. Dari sekolah kita dapatkan pengetahuan yang berguna untuk bekal kehidupan selanjutnya.

Traveling mirip seperti sekolah. Traveling menyajikan beragam pengalaman dan pengetahuan yang bukan sekedar hiasan liburan. Ia bisa jadi bekal juga sama seperti ilmu yang didapat dari bangku sekolah. Bahkan, mungkin traveling bisa lebih dari sekolah. Pengetahuan yang didapat dari jalan-jalan bisa jadi tak akan didapat lewat cara lain. Pengetahuan dan pengalaman dari jalan-jalan bersifat unik pada tiap orang. Otentik.

Hal itu karena tiap orang memiliki pengalaman yang berbeda. Bahkan, jikapun tempat yang dikunjungi sama, apa yang didapat seseorang bisa berbeda dengan orang lainnya. Pengalaman yang terhampar sepanjang perjalanan itulah yang sesungguhnya menjadi inti dari investasi lewat traveling. Output dari investasi itu tentu bervariasi pada tiap orang, tergantung takdir dan nasib masing-masing. Minimal, traveling bisa jadi sumber cerita untuk anak-cucu kelak.

Jadi, kalau tweet tadi bilang bahwa traveling bukan pemborosan, mungkin penulisnya telah merasakan hasil investasi dari traveling. Dalam traveling, pejalan umumnya tak pernah percaya apa yang dituturkan majalah dan pejalan lain. Pejalan biasanya mencari pembuktian atas segala yang ia lihat dan dengar sebelumnya tentang suatu tempat atau suatu hal. Karenanya, saya juga perlu membuktikan sendiri bahwa traveling itu investasi, bukan pemborosan pundi dan waktu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s