Pelukis

Di apotik yang lengang yang tembus pandang dari luar pun dalam, saya melihat seorang berjalan di pinggiran debu dan asap jalan yang bising. Wajahnya lesu namun ada raut optimis. Rambutnya merah dicat murah, menggendong tas entah apa isinya. Pakaiannya terkesan nyentrik. Saya rasa dia pelukis. Di sekitar jalan itu memang ada toko yang menjual aneka lukisan dan juga menawakan jasa lukis dan pigura.

Saya berpikir tentang kelas, atau mungkin gaya hidup, atau mungkin keduanya. Mengapa ada pelukis necis dengan parfum wangi dan wajahnya terkenal mendunia, sementara itu ada pula pelukis jalanan yang tak karuan dengan eksentrisitas yang total dari pikiran hingga pakaian? Padahal keduanya adalah pencipta gambar-gambar yang indah, yang mewarnai dunia, yang mengabadikan sesuatu dengan jari jemari penuh warna.

Mengapa yang satu terkenal, yang lain tidak? Bukankah keindahan lukisan mereka tergantung dari mata yang memandang? Berarti prestise masing-masing pelukis tergantung apa? Mungkin saja yang berbeda hanyalah gaya hidupnya. Yang satu memang terbiasa hidup glamour dengan wine mahal dan tetap melukis keindahan. Yang lain suka dengan kesederhanaan yang kadang urakan dengan bir murahan, juga tetap menggambar lukisan.

Yang satu terkenal, mungkin karena berkawan dengan orang-0rang yang tepat sehingga lukisannya dapat mendunia. Yang lain tidak pernah dikenal karena hanya melukis untuk dirinya sendiri dan tersenyum kecil jika ada yang suka juga. Mungkin lukisan yang mahal juga terkonstruksi secara sosial, sama seperti kecantikan dikonstruksikan. Padahal yang namanya lukisan pasti indah, minimal menurut yang melukisnya. Maaf saya sedang melantur, menunggu obat selesai diracik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s