Pasrah

Pasrah itu pelajaran yang sulit. Ia mungkin keputusasaan atau keluwesan hati. Banyak orang menganggap pasrah bukanlah usaha, pasrah dianggap hanya diam dan berharap durian runtuh. Padahal, pasrah justru usaha yang paling sulit dilakukan. Di tengah ajaran-ajaran eksistensialis yang menyuruh manusia berusaha sekuat tenaga demi kehidupannya sendiri, pasrah adalah doktrin yang tenang, terkesan menyepelekan, namun tak mudah dipraktekkan, apalagi secara utuh.

Saya teringat akan mereka yang rajin beribadah, tiap harinya berdoa dengan rajin secara rutin. Saya membayangkan mengapa mereka yang khusyuk ibadatnya dan selalu mendekatkan diri dengan Tuhan justru sulit untuk berpasrah. Mungkin pasrah, tapi terasa tidaklah utuh. Pasrah tapi tetap meminta kehendak pribadinya jadi, pasrah tapi tetap pusing diombang-ambing oleh pikiran tentang masa depan.

Saya bukanlah orang yang amatlah rajin beribadah, biasa saja. Tak pula sering berdoa tiap hari, hanya bila ingat. Namun, dengan ukuran yang saya tentukan sendiri, saya merasa dapat lebih pasrah dari mereka yang tampak lebih dekat dengan Tuhan. Saya jadi terpikir teori pertukaran. Mungkin karena sering beribadah, mereka meminta imbalan. Pasrah dengan utuh bukanlah pilihan. Saya yang tak rajin-rajin amat justru bisa lebih pasrah karena tak ada yang bisa ditukarkan pada Tuhan.

Saya jadi bisa berpasrah dengan utuh, atau minimal lebih baik dari mereka yang taat tadi. Saya bergantung total pada Yang Maha Kuasa bagai daun yang bergantung pada dahan. Saya mungkin terkesan sebagai seorang pesimis nan malas. Walau memang benar adanya, pasrah sekali lagi bukanlah hal yang mudah, ia juga usaha, ia juga kerja. Pasrahlah dalam segala hal, bukan hanya pada hal-hal yang diragukan.

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s